get app
inews
Aa Read Next : Polsek Limbangan Garut Operasi Cipta Kondisi, Puluhan Miras Diamankan

Miris, 13 Tahun Siswa SD di Garut Belajar Lesehan Tidak Miliki Kursi dan Meja

Selasa, 21 November 2023 | 20:13 WIB
header img
Anggota DPRD Jabar saat melihat kondisi SD Muhammadiyah As-Salam yang berada di Kampung Ciwareng, Desa Majasari, Kecamatan Cibiuk, Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Sungguh miris fenomena dunia pendidikan di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Selama 13 tahun lamanya siswa di SD Muhammadiyah As-salam yang berada di Kampung Ciwareng, Desa Majasari, Kecamatan Cibiuk, Garut, belajar lesehan, lantaran tidak memiliki fasilitas meja maupun kursi yang memadai.

Melihat hal itu dan atas dasar dari laporan yang diterima, Anggota DPRD Jabar Enjang Tedi, melihat secara langsung ke sekolah tersebut, dan sebagai wujud kepeduliannya, Dia memberikan bantuan meubeler berupa meja dan kursi untuk siswa kelas 5 dan 6 di SD Muhammadiyah As-Salam.

"Bantuan meja dan bangku untuk kelas 5 dan 6, kenapa prioritas untuk dua kelas itu, karena mereka akan menghadapi ujian dan agar bisa merasakan duduk di kursi dan meja,"ungkap Enjang saat ditemui iNewsGarut.id, Selasa (21/11/2023).

Untuk sementara, jelas Enjang, seperti kelas 1 sampai kelas 4 masih belajar lesehan, " Ya mungkin besok atau lusa ada partisipasi masyarakat, ada perhatian Pemda, mungkin bisa jadi juga Disdiknya jadi tau, mungkin bantuan DAK yang sebelumnya itu khusus untuk bangunan tidak untuk meja dan kursinya,"jelasnya.

Enjang mengapresiasi para pejuang pendidikan di SDM As-Salam ini yang memang posisi sekolah nya ini di sebuah perkampungan terpencil. Yang mana, selama 13 tahun belajar lesehan, tidak mempunyai meja dan kursi khalayak sekolah lainnya.

"Saya juga baru tau ada sekolah SD selama 13 tahun belajar ngadapang (lesehan),  sebetulnya Saya sempat ga percaya, sekolah bagus tapi tidak punya meja dan kursi belajar, akhirnya Saya melihat secara langsung dan memang benar adanya,"ujarnya.

Dari jarak, kata Enjang, sekolah ini tidak jauh dari jalan raya, tapi keinginan warga disini untuk mempunyai sekolah yang dekat sangat luar biasa.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut