get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Pemkab Akan Pasang Chip Pada Domba Garut Guna Melestarikan Keaslian Genetik

Senin, 27 November 2023 | 18:26 WIB
header img
Sejumlah domba Garut dihadirkan dalam apel gabungan di Lapang Setda Kabupaten Garut, Senin (27/11/2023). (Foto Istimewa)

GARUT, iNewsGarut.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, saat ini berupaya keras melestarikan keaslian genetik domba Garut.

Salah satu langkah yang dilakukan Pemkab Garut dengan cara memasang chip guna memantau keturunan domba Garut. Langkah konkret ini dengan melibatkan pembangunan kawasan pelestarian sumber genetik domba Garut.

"Nah sehingga kami bekerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran begitu ya, untuk melestarikan ini supaya keaslian domba Garut itu tetap bisa kita jaga keaslian ras domba Garut begitu ya," ujar Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika, di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut, Senin (27/11/2023).

Beni menyebutkan, jumlah domba Garut sendiri saat ini hanya berkisar 280 hingga 350 ribu ekor. Tak hanya itu, domba Garut juga sangat banyak peminat khususnya peminat yang berasal dari luar Kabupaten Garut.

Maka dari itu, Pemkab Garut saat ini sedang melakukan upaya dengan memperbaiki sistem untuk mempertahankan keaslian genetik dari domba Garut.

"Kita sedang merintis dengan Universitas Padjadjaran ini salah satunya adalah kita secara kesisteman begitu ya, kita akan memasang chip begitu ya, chip di domba Garut ini, supaya mereka di manapun pada saat ada perkawinan dengan turunan domba Garut manapun ini bakal kelihatan, apakah domba tersebut masih asli atau tidak begitu," jelasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut