get app
inews
Aa Read Next : Kemanunggalan Tni dan Rakyat Terpancar di Hari Pertama Pengerjaan Jalan

Jelang Nataru Harga Kebutuhan Pokok Penting di Kabupaten Garut Masih Stabil

Sabtu, 23 Desember 2023 | 19:56 WIB
header img
TPID Kabupaten Garut melakukan monitoring harga bahan pokok di Pasar Guntur Ciawitali, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. (Foto Istimewa)

GARUT, iNewsGarut.id – Menjelang hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, harga barang kebutuhan pokok penting di Kabupaten Garut, Jawa Barat, saat ini terpantau masih stabil bahkan cenderung turun.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Ricky R Darajat, usai melakukan monitoring ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok  penting bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Garut di Pasar Guntur Ciawitali, Kecamatan Tarogong Kidul, Sabtu (23/12/2023).

"Tadi kita melihat dan coba (tanya) langsung ke para pedagang, bagaimana harga komoditas tersebut, tetapi pada keseluruhannya harga masih stabil bahkan cenderung turun, pada beberapa hari ini harga turun, dan untuk pasokan barang itu juga alhamdulillah lancar," ujar Ricky.

Ricky mengatakan, pihaknya juga mendapatkan laporan dari pedagang, termasuk gula putih salah satu komoditas yang harganya mengalami kenaikan bahkan sulit didapatkan yaitu kacang kedelai, dimana barang tersebut merupakan bahan pokok untuk pembuatan tempe.

Ia menambahkan, harga daging sapi dan ayam sendiri dinilai relatif aman.

Ricky menyebut harga gula putih yang biasanya perkilo berkisar di angka Rp14.000 sampai Rp15.000, ketika dilakukan monitoring ke Pasar Guntur Ciawitali harganya berada di angka Rp17.000 sampai Rp18.000.

"Kedelai di beberapa tempat kita tidak menemukan, dan itu kita tanyakan langsung kepada para pedagang, itu supply dari impor kalau nggak salah ya impor, bahkan dari pusat juga mengalami kesulitan untuk mendistribusikan, karena tidak adanya stok barang tersebut," ungkapnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut