get app
inews
Aa Read Next : Percepat Olah Lahan dan Tanam, Dinas Pertanian Garut Lakukan Pompanisasi

Start Up Berbasis Digital Mampu Tingkatkan PDB di Garut Terutama Sektor Kuliner

Rabu, 27 Desember 2023 | 18:57 WIB
header img
Bupati usai meresmikan acara G Fest 2023 di alun-alun Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan bahwa menggunakan start up berbasis digital mampu meningkatkan Produk Domestic Bruto (PDB) Kabupaten Garut terutama dari beberapa sektor kuliner.

"Start up berbasis digital ini mampu meningkatkan PDB Garut terutama dari beberapa sektor kuliner seperti baso aci, dan lainnya, termasuk juga pemasaran batik juga bagus,"kata Rudy saat dijumpai di area Pendopo Garut, Rabu (27/12/2023).

Kata Rudy, Pemkab Garut sebelumnya bekerja sama dengan salah satu stasiun TV nasional, mempertahankan kuliner dari sisi buhun, mulai dari burayot, Cemplus, dodol, dan baso aci.

"Kita akan kembangkan lagi kuliner -kuliner lain seperti kopi, karena di Garut ini ada 170 cafe, Kita akan kembangkan. Dan Saya berharap kedepan inovasi -inovasi yang berhubungan dengan kuliner,"ujarnya.

"Kalau kerajinan Garut seperti jaket kulit itu terus dikembangkan, makanya Ibu Poppy Dharsono terus mengembangkan, kalau tidak dilakukan seperti itu harganya murah -murah saja tidak berkembang,"kata Rudy.

Saat ditanya terkait job fair, Rudy menjelaskan, sekarang ini ada spesifik skill work, yang dijadikan bagian untuk kerja di luar negeri, "Garut sekarang ada dua strategi, satu jadikan untuk bekerja di dalam negeri dengan mendirikan kawasan industri, dan kedua bekerja di luar negeri. Di luar negeri gajinya Rp.18 juta, di dalam negeri hanya Rp.2 juta,"ucapnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut