get app
inews
Aa Read Next : Bacalon Bupati Garut Dudung Sudiana Penuhi Undangan PAMMI di Gelaran Seni dan Budaya

Gerakan Tanam Pohon Kopi di Garut Salah Satu Upaya Penanganan Lahan Kritis

Selasa, 16 Januari 2024 | 20:18 WIB
header img
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman dan Kepala Dinas Pertanian saat menanam pohon kopi. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Pertanian mencanangkan gerakan penanaman pohon kopi sebagai upaya dalam penanganan lahan kritis. Tak tanggung -tanggung target sekitar 770 ribu pohon kopi untuk ditanam di lahan kritis.

Kali ini penanaman pohon kopi dilakukan oleh kelompok tani yang berada di Kecamatan Sukaresmi, Garut, Jawa Barat, Selasa (16/1/2024).

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, ini merupakan pencanangan gerakan penanaman pohon kopi serentak di wilayah Kabupaten Garut sejumlah 770 ribu pohon salah satunya di Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Garut.

"Ini adalah pencanangan gerakan penanaman pohon kopi serentak di Garut, Alhamdulillah disini ditanam oleh kelompok tani masyarakat di tanah milik Pak Ikin. Dia memberikan kerja sama tanpa memungut pajak atau keuntungan,"ungkapnya.

Menurutnya, kebutuhan kopi dunia itu sangat tinggi, permintaan ke Garut cukup tinggi, cuman memang bisa memberikan tidak terlalu besar. Karena, imbuhnya, lebih fokus pada kebutuhan di dalam negeri.

"Lebih fokus memberikan kebutuhan di dalam negeri dulu, untuk Garut, jakarta, dan sebetulnya ekspor juga sudah ada. Karena kebunnya belum meningkat maka Kita terus tingkatkan penanaman kopi ini sehingga permintaan ekspor nantinya bisa terpenuhi,"ujarnya.

Langkah kongkrit untuk petani kopi, jelas Helmi, salah satunya dengan pemberian bibit kopi, "Tahun ini 770 ribu pohon kopi, mudah-mudahan produksinya meningkat sehingga Kita bisa mengekspor, dan juga trend produksi meningkat, serta harga juga bisa naik, sehingga masyarakat Kita bisa meraup keuntungan yang cukup untuk mensejahterakan mereka,"jelasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut