get app
inews
Aa Read Next : Tiga Pelaku Curanmor Berhasil Diringkus Satreskrim Polres Garut

Gerakan Tanam Pohon Kopi di Garut Salah Satu Upaya Penanganan Lahan Kritis

Selasa, 16 Januari 2024 | 20:18 WIB
header img
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman dan Kepala Dinas Pertanian saat menanam pohon kopi. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

Dikatakannya, kopi di Garut itu sudah tersebar di beberapa wilayah, kurang lebih ada di 20 Kecamatan yang memang produksinya kopi di Garut itu sangat diminati oleh salah satunya daerah yakni Medan, bahkan ada juga dari luar negeri dan kopi disini khusus arabica.

"Jadi kopi arabica di Garut ini terkenal bukan hanya disini saja, tapi sudah terkenal ke beberapa daerah di dalam negeri maupun luar negeri. Setiap tahun panen kopi Kita itu habis diambil oleh pihak luar salah satunya Medan,"bebernya.

Haeruman menyatakan kopi Garut ini memiliki cita rasa yang khas, mempunyai kenikmatan yang sangat luar biasa dibandingkan dengan kopi-kopi yang lain.

"Kopi Garut itu mantap punya cita rasa yang khas dan kenikmatan yang khas,"ucapnya.

Dalam pengembangan penanaman kopi ini, Dinas Pertanian Garut juga bekerja sama dengan Perum Perhutani. Pengembangannya itu di lahan yang memang mempunyai ketinggian menimal sekitar 800 mdpl keatas.

"Kami pilih lahannya yang memang sudah kosong vegetasinya yang tergolong lahan kritis dan sudah tidak produktif, itu kerja sama kami dengan pihak Perum Perhutani dalam pengembangan kopi di Kabupaten Garut,"pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut