get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Dekranasda Garut Resmikan Gapura Kampung Batik

Sabtu, 20 Januari 2024 | 08:05 WIB
header img
Kegiatan peresmian Gapura Kampung Batik di Kampung Paledang, Garut oleh Dekranasda.  Foto: Istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut, Diah Kurniasari resmikan Gapura Kampung Batik di Kampung Paledang, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat (19/1/2024).

Landmark baru, Gapura Kampung Batik ditandai dengan berdirinya replika canting raksasa yang berdiri di samping kiri gapura.

Gampura Kampung Batik ini pun merupakan bentuk pendedikasian serta pengenalan eksistensi pengrajin Batik Garutan kepada kalangan muda.

Dekranasda Garut berharap dengan dibuatkannya Gapura Kampung Batik ini dapat meningkatkan regenerasi pengrajin batik, khususnya di kalangan generasi muda.

Diah menyampaikan bahwa pemerintah daerah Garut telah memberikan berbagai bentuk dukungan, termasuk pembentukan koperasi, pelatihan, dan sertifikasi profesi bagi pembatik.

"Jadi sekarang kami ingin menunjukkan bahwa para perajin ini sudah bersatu, dan kami juga mengharapkan ada regenerasi jadi anak-anak mudanya dengan adanya keadaan batik ini maju, maka anak muda pun akan mau belajar untuk membatik," ucap Diah.

Motif Batik Garutan terkenal dengan warna-warna alam, serta tidak memiliki warna yang mencolok. Hal tersebutlah yang perlu dilestarikan dan dikenalkan kepada masyarakat.

Dengan keberadaan Kampung Batik ini, Dekranasda Garut memberikan sarana edukasi kepada semua lapisan masyarakat yang ingin belajar mengenai batik khususnya batik Garutan.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut