get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Bank BJB Komitmen Dorong Pengembangan Komoditas Kulit Khas Garut

Sabtu, 17 Februari 2024 | 20:10 WIB
header img
Penandatanganan nota kesepahaman rumah produksi bersama komoditas kulit di Kabupaten Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Dalam rangka membangun sinergi dan kolaborasi untuk pengembangan ekosistem bisnis. Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Garut, berkomitmen untuk mendorong pengembangan kerajinan kulit khas Garut. Hal itu ditunjukkan melalui peresmian Rumah Produksi Bersama (RPB) komoditas kulit Garut dengan Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Sabtu (17/2/2024).

Pimpinan BJB cabang Garut Muhammad Indra mengatakan, jadi hari ini ada peresmian rumah produksi bersama khususnya komoditas kulit. Dan ada penandatanganan nota kesepahaman antara pelaku koperasi melalui para pelaku UMKM nya dan salah satunya Bank BJB.

"Tadi disampaikan oleh Pak Menkop UKM RI yaitu PR besar terkait kulit di Garut ini masalah kualitas. Dan tentunya Bank BJB kaitan dengan pembiayaan akan pruden penyehatan koperasi yang ada di Garut ini harus benar-benar clear,"ungkapnya.

Menurutnya, Menteri Koperasi UKM RI tadi pun mengarahkan kedepannya koperasi ini harus lebih unggul terus mempunyai daya saing.

"Nah, tadi di ilustrasikan terkait kulit ini, Garut harus punya densmark dengan masalah satu negara di Italia, salah satunya lebih mendorong lagi khususnya Garut. Dan kemarin beberapa waktu lalu terkait dengan desain, kualitas, itu sudah di mediasi saat itu oleh Pak Bupati dengan Pemerintah Prancis,"ujarnya.

Artinya, jelas Indra, dalam konteks kualitas, kulit Garut ini, Bank BJB ikut mendorong, dan memfasilitasi, "Malah terkait komoditas kulit ini, Bank BJB pun menyertakan kabupaten Garut pada saat itu ada kegiatan G20, ada acara event turunan W20, yang dilaksanakan di dua titik Medan dan Bali. Dan Alhamdulillah Bank BJB menyertakan para pelaku UMKM, dan kebetulan saat itu hanya dua kabupaten saja, Gorontalo dan Garut,"jelasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut