get app
inews
Aa Read Next : Larang Timbun Beras, Bey Machmudin Pastikan Stok Beras Bulog Terpenuhi

Fokus Pengembangan EBT, Akses Jalan PLTA Upper Cisokan Berikan Manfaat bagi Masyarakat

Jum'at, 23 Februari 2024 | 14:09 WIB
header img
Akses Jalan PLTA Upper Cisokan yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur. Foto istimewa.

KBB, iNewsGarut.id – Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) Persero saat ini tengah mengerjakan pembangunan PLTS Upper Cisokan Pumped Storage (UCPS) yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur.

Dimana langkah itu merupakan hadirnya PT PLN (Persero) yang terus memberikan fokus pada pengembangan ekosistem akselerasi energi baru terbarukan (EBT), salah satunya dengan menambah kapasitas pembangkit ramah lingkungan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Meski belum memasuki tahap konstruksi utama, namun infrastruktur pendukung seperti akses jalan telah rampung dikerjakan. 

Akses jalan yang dibangun untuk menghubungkan jalan Saguling ke lokasi proyek sepanjang 30 km dan lebar 12 digunakan untuk mobilisasi material maupun non material yang dibutuhkan untuk pembangunan PLTA dengan total kapasitas 1.040 Mega Watt (MW) tersebut. 

Namun, jalan ini tidak hanya untuk keperluan proyek, tetapi juga digunakan untuk keperluan masyarakat. Terdapat 8 desa di Kabupaten Bandung Barat dapat merasakan langsung manfaat adanya Jalan Akses PLTA Upper Cisokan yaitu Desa Cijambu, Desa Sirnagalih, Desa Cibitung, Desa Sukaresmi, Desa Karangsari, Desa Sarinagen, Desa Cicadas, dan Desa Bojongsalam. 

Jalan Akses PLTA Cisokan Bandung Barat masyarakat sekitar menikmati jalan tersebut dengan nyaman karena menggunakan kualitas aspal yang baik. Mereka dapat menghemat waktu tempuh perjalanan dan biaya transportasi.

Masyarakat mengakui bahwa keberadaan jalan ini dapat menurunkan biaya transportasi sehari-hari mereka. Bagi pelaku usaha, tentunya penurunan biaya transportasi akan sangat berdampak pada beban produksi.

Salah satu tokoh pemuda Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, Iwan mengatakan bahwa adanya akses jalan tersebut telah mempermudah kegiatan hariannya. Dirinya menyebut tidak perlu memikirkan biaya transportasi yang mahal.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut