get app
inews
Aa Read Next : Nuri Nurdwi Hikmayanti Anggota DPRD Garut Fraksi Demokrat Siap All Out Menangkan Santri

Kemensos RI Gelar Gladi Resik Simulasi Penanggulan Bencana Berbasis KSB di Talagajaya, Garut

Sabtu, 23 Maret 2024 | 10:49 WIB
header img
Gladi resik simulasi penanggulangan bencana berbasis KSB di Lapang Ciparay, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Foto : iNewsGarut.id/Indra Sanjaya.

GARUT, iNewsGarut.id – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) beserta Tagana menggelar gladi resik simulasi penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pembentukan KSB di Lapang Ciparay, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jumat (22/3/2024).

Kampung Siaga Bencana (KSB) sendiri dibentuk sebagai wadah untuk penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang berada di desa dan dijadikan kawasan atau tempat untuk program penanggulangan bencana.

Pokja Kesiapsiagaan dan Mitigasi, Direktorat PSKBA, Kemensos RI, Haykal menyebut kegiatan hari ini merupakan gladi resik uji simulasi kampung siaga bencana dalam kesiapsiagan dan penanggulangan bencana.

"Jadi hari ini kita laksanakan gladi resik untuk kegiatan besok. Sesuai dengan kesepakatan kemarin kami membentuk kampung siaga bencana dengan nama KSB Ngabret Desa Talagajaya," katanya. Jumat (22/3/2024).

Masih kata Haykal, biasanya kami di kampung siaga bencna membentuk enam divisi namun di Desa Talagajaya ada tambahan dari masyarkat.

"Jadi ada tambahan dua divisi, yaitu kearipan lokal dan kesehatan. Jadi total yang dibentuk disini ada delapan divisi," paparnya.

Haykal berharap setelah terbentuknya KSB di Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi ini pengurangan resiko bencana pada saat terjadi bencana dapat diminimalisir dan ditanggulangi.

"Semoga pemerintah daerah setempat memberi dukungan penuh kepada para pengurus KSB dalam menjalankan tugasnya masing-masing terkait tanggap darurat. Intinya pengurangan resiko bencana pada saat terjadi bencana di Desa Talagajaya," harpanya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut