get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Warga Desa Sindanggalih Garut Sambut Baik Program Jemput Bola Disdukcapil

Cerita Kusir Delman di Garut 10 Hari Dilarang Beroperasi Selama Arus Mudik dan Balik

Kamis, 18 April 2024 | 11:42 WIB
header img
Cerita Kusir Delman di Limbangan Garut saat tidak beroperasi selama masa mudik dan arus balik lebaran 2024. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Setelah kurang lebih 10 hari lamanya tidak beroperasi saat arus mudik maupun balik di hari raya Idul Fitri 1445 H. Akhirnya Delman sudah bisa beroperasi kembali melintas di jalur arteri selatan Jawa Barat via Limbangan -Malangbong, Garut.

Diketahui saat pelaksanaan arus mudik maupun balik, kusir delman dilarang beroperasi di jalur mudik, lantaran dinilai dapat menghambat laju kendaraan pemudik. Dan Pemerintah Daerah (Pemda) Garut memberikan kompensasi untuk para Kusir Delman yang beroperasi di jalur mudik sebesar Rp. 700 ribu untuk 10 hari dari mulai tanggal 5 April sampai dengan 15 April 2024.

Selama 10 hari tidak beroperasi, Apad (64) Kusir Delman asal Desa Dunguswiru, Kecamatan Limbangan, Garut, bercerita bahwa selama dilarang beroperasi tidak ada kegiatan yang Ia lakukan. Berbeda dengan yang lainnya ada yang beralih sebagai pengendara ojek memanfaatkan waktu selama 10 hari itu.

"Ya kalau Saya selama 10 hari di rumah aja tidak ada kegiatan, mau ngojek tidak bisa motor, tapi kalau yang lainnya mah sih kebanyakan jadi tukang ojek,"kata Apad saat ditemui iNewsGarut.id, Kamis (18/4/2024).

Berbicara penghasilan, menurutnya, kompensasi yang diberikan pemerintah sebesar Rp.700 ribu untuk 10 hari jauh dengan pendapatan yang Ia dapat. Kata Dia, penghasilan dalam satu hari itu bisa mencapai Rp.150 ribu.

"Ya kompensasi yang diberikan oleh Pemerintah selama 10 hari kan Rp.700 ribu, jauh dari pendapatan setiap hari, kalau lagi ramai Rp.150 ribu, sepinya kurang lebih Rp.100 ribu. Tapi yang dapat dari Pemerintah segitu di cukup-cukupin aja lah,"ujarnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut