get app
inews
Aa Read Next : Teh Kewer Asli Desa Sukalaksana Garut Sampai ke Negeri Jiran Malaysia

Pesona Leuwi Tonjong, Wisata Garut yang Mirip Phuket Thailand

Rabu, 04 Agustus 2021 | 16:53 WIB
header img
Keindahan destinasi wisata Leuwi Tonjong di Garut, Jawa Barat. (Foto: iNews.id/@galerigarut)

GARUT, iNews.id – Siapa bilang Garut hanya terkenal dengan dodol? Jangan salah, wilayah ini juga memiliki banyak pesona, termasuk destinasi alam nan menakjubkan. Leuwi Tonjong, misalnya.

Mendatangi objek wisata ini, wisatawan seakan berada di bawah ke destinasi populer di Thailand, Phuket. Tak mengherankan banyak yang berkata demikian lantaran panoramanya sekilas mirip.

Leuwi Tonjong disebut-sebut pula sebagai surga tersembunyi di Garut selatan. Lokasi wisata ini persisnya berada di kampung Rentog, Desa Jayamukti Kecamatan Cihurip, sekitar 65 kilometer dari pusat kota. 

Leuwi Tonjong ikonik dengan keberadaan dua bukit yang saling mengapit. Di bagian tengah terdapat curug (air terjun) kecil yang kemudian mengalir di sela-sela bukit.
“Mengesankan, cocok untuk menghilangkan kepenatan terutama dengan melihat air biru kehijauan,” kata Asep, salah satu wisatawan, belum lama ini. 

Leuwi Tonjong juga memiliki kolam air alami dengan kedalaman yang relatif dangkal. Jadi, traveler bisa menikmati kesegaran air.

Selain spot cantik untuk berfoto, di Leuwi Tonjong juga bisa berenang bahkan bisa juga melakukan kegiatan aktivitas camping. Hijaunya tebing dan jernihnya air akan membuat betah wistawan. Di sana juga terdapat rakit yang bisa dimanfaatkan untuk mengarungi Sungai Cihurip.

Musim terbaik untuk mengujungi Leuwi Tonjong adalah saat kemarau, sehingga bisa menemukan air yang bening dan kehijauan. Di musim hujan, air cenderung berubah menjadi kecoklatan.
 

Editor : Zen Teguh

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut