get app
inews
Aa Read Next : Diskominfo Garut Gelar Acara FPD Susun Rancangan Rencana Kerja Tahun 2025

Diskominfo Garut Sosialisasikan Peralihan TV Analog ke Digital

Rabu, 02 Maret 2022 | 18:21 WIB
header img
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, Muksin.

GARUT, iNews.id Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan akan menghentikan siaran TV analog mulai April 2022.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, Muksin, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait peralihan siaran dari tv analog ke TV digital.

"Jadi kita memang sudah melakukan sosialisasi bersama komisi penyiaran Jawa Barat, di radio juga secara sporadis kita juga melakukan sosialisasi disela-sela kegiatan juga akan segera ada migrasi dari analog ke digital," kata Muksin kepada iNews.id, Selasa 2 Maret 2022.

Sementara itu menurut Muksin, dengan adanya migrasi tersebut, banyak juga masyarakat yang mempertanyakan perihal bantuan pengadaan Set Top Box (STB) untuk bisa menerima siaran digital.

STB merupakan alat khusus untuk TV digital agar bisa menangkap siaran TV digital. Tanpa STB, pemilik TV analog tidak bisa lagi menyaksikan acara saat siaran TV analog dihapus.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru-baru ini mengumumkan akan memberikan STB TV digital gratis dan qty nya juga belum tahu untuk garut. Penyediaan alat bantu penerima siaran (STB) kepada rumah tangga miskin sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2021 Pasal 85 ayat 1.

"Dari pemerintah sudah sosialisasi memberikan parameter masyarakat yang berhak menerima STB itu ialah, harus masuk kedalam DTKS, kemudian harus dalam cakupan siaran analog teritorial yang saat ini ada," pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut