get app
inews
Aa Read Next : Jambore IJTI Jabar di Garut Sukses Digelar, Peran Jurnalis Terhadap Kebencanaan dan Pilkada

Alutsista TNI Jadi Daya Tarik di Car Free Day Garut

Minggu, 06 Oktober 2024 | 18:28 WIB
header img
Ribuan warga memadati area Car Free Day di Garut. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kembali menyelenggarakan Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Minggu (6/10/2024). CFD kali ini menjadi istimewa karena bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kegiatan ini diramaikan dengan berbagai acara seperti senam massal, pelayanan publik, serta Festival Belanja di lokasi relokasi sementara Pedagang Kaki Lima (PKL). Yang paling menarik perhatian adalah kehadiran alutsista milik TNI yang disambut antusias oleh masyarakat. Banyak warga memanfaatkan momen ini untuk berswafoto dan bahkan mencoba menaiki kendaraan alutsista tersebut.

Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menjelaskan bahwa CFD ini akan diadakan rutin berdasarkan Keputusan Bupati, yaitu pada minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Barnas menyebutkan bahwa tujuan dari CFD adalah untuk memberikan kebahagiaan kepada masyarakat sekaligus mengurangi polusi udara.

"Lalu ketiga ini kebetulan kemarin HUT TNI, jadi untuk membahagiakan warga, kami menyediakan angkutan gratis menggunakan alutsista yang berputar dari Bank BJB kembali ke Bank BJB," ujarnya.

"Untuk membahagiakan ada angkutan (Alustsista) gratis untuk masyarakat Garut yaitu berputar dari Bank BJB kembali ke Bank BJB lagi," ucapnya.

Lebih lanjut, Barnas mengungkapkan rencana Pemkab Garut untuk memperindah kawasan Jalan Ahmad Yani dengan penambahan spot selfie, yang harapannya dapat dimanfaatkan dan dijaga oleh masyarakat. "Jadi tidak hanya pemerintah atau pun TNI Polri, tapi juga para tokoh-tokoh ini harus mendukung terhadap kebersihan, terhadap keindahan, sehingga tempat ini nanti menjadi tempat yang unggul kira-kira seperti itu," tambah Barnas.

Barnas mengatakan alasan pelaksanaan CFD dilaksanakan sebulan dua kali, agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tetap bisa memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, serta agar masyarakat tidak bosan. 

"Kita gembira bersama-sama, tidak ada yang sedih dan lain sebagainya, lalu kita ada nanti bagi misalnya sekarang kita bagi sayur gratis, mungkin kita besok beras gratis, dan seterusnya, dan juga kami akan melibatkan unsur-unsur dunia usaha, agar membahagiakan masyarakat Garut kurang lebih seperti itu," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Garut, Aris Munandar, turut mendukung keberlanjutan CFD. Menurutnya, selain sebagai ajang olahraga, CFD juga memberi manfaat ekonomi bagi PKL di lokasi relokasi sementara di Pasar Baru melalui Festival Belanja. Ia berharap CFD terus dipertahankan dan dipercantik.

"Bahkan saya sudah bersama-sama Pak Pj Bupati menganggarkan di akhir tahun ini untuk memperindah tempat ini, supaya nanti di sini lebih tertatalah, lebih menarik lagi," ungkap Aris.

Di tempat yang sama Kepala Bappeda Kabupaten Garut, Didit Fajar Putradi, menjelaskan bahwa Festival Belanja kali ini diikuti oleh 31 Puskesmas, yang akan bergiliran mendukung para PKL di lokasi relokasi. Penilaian festival meliputi kesesuaian belanja, variasi, dan ketepatan waktu.

Dalam kesempatan yang sama, Dinas Pertanian Kabupaten Garut juga turut berpartisipasi dengan menyiapkan Mobil Agro Klinik dan membagikan 600 paket sayuran gratis kepada masyarakat. Kepala Dinas Pertanian, Haeruman, menyebut sayuran tersebut diambil dari sentra sayur di Cikajang dan Cisurupan, dengan rencana menambah jumlah paket pada CFD mendatang serta melibatkan Dinas Ketahanan Pangan untuk menambahkan protein dalam paket.

Pihaknya menyiapkan Mobil Agro Klinik sebagai salah satu wahana edukasi untuk masyarakat, terkait dengan cara penanganan salah satunya hama penyakit tanaman.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut