get app
inews
Aa Read Next : Jambore IJTI Jabar di Garut Sukses Digelar, Peran Jurnalis Terhadap Kebencanaan dan Pilkada

Calon Bupati Garut Nomor Urut 1 Siapkan Strategi Turunkan Angka Pengangguran

Senin, 07 Oktober 2024 | 08:21 WIB
header img
Helmi Budiman calon Bupati Garut nomor urut 1 saat melaksanakan kampanye. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Sebagai salah satu daerah di Jawa Barat, Kabupaten Garut sebagai Kota dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Tentunya dengan jumlah penduduk yang banyak, Garut masih menghadapi tantangan yang signifikan, yakni penyediaan lapangan kerja yang memadai bagi warganya.

Masalah itu pun menjadi komitmen Calon Bupati Garut nomor urut 1 Helmi Budiman. Yang mana, ia akan mempersiapkan sejumlah rencana strategisnya untuk menurunkan tingkat pengangguran di Kabupaten Garut.

Melalui visi dan misi kampanye Pilkada 2024, Helmi bertekad untuk mengatasi masalah pengangguran dengan sejumlah program terencana. Helmi menekankan pentingnya penciptaan lapangan kerja berbasis potensi lokal.

"Kita punya kekayaan alam, sumber daya manusia yang melimpah, dan sektor-sektor unggulan seperti pertanian, UMKM, serta pariwisata. Ini adalah modal besar bagi kita untuk mengatasi pengangguran," kata Helmi.

Setidaknya ada lima strategi yang disiapkannya untuk hal tersebut. Mulai Pengembangan Sektor UMKM, Optimalisasi Sektor Pariwisata, Peningkatan Akses Pendidikan dan Pelatihan Kerja, Pengembangan Kawasan Industri Lokal, Kolaborasi dengan Dunia Usaha dan Investasi, dan Pengembangan Pertanian Modern.

Helmi menjelaskan bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu motor penggerak perekonomian Garut. Ia berkomitmen untuk memberikan akses yang lebih luas kepada pelaku UMKM dalam hal permodalan, pelatihan, dan pemasaran.

Program bantuan modal dan bekerjasama dengan perbankan lokal menurutnya harus dijalankan guna membantu masyarakat membuka usaha baru atau mengembangkan bisnis mereka.

"Kita akan fasilitasi pelatihan keterampilan untuk masyarakat, terutama pemuda, agar mereka bisa mandiri dan mampu menciptakan peluang usaha. UMKM adalah tulang punggung ekonomi lokal, jadi harus diperkuat," ujarnya.

Selain itu, dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Garut, Helmi akan mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu jalan keluar untuk membuka banyak lapangan kerja. Peningkatan infrastruktur penunjang pariwisata, seperti akses jalan menuju destinasi wisata, serta promosi wisata secara digital, akan menjadi fokus utama.

"Kita akan kembangkan destinasi-destinasi wisata di Garut, dari mulai wisata alam, sejarah, hingga budaya. Dengan begitu, peluang kerja di sektor perhotelan, pemandu wisata, kuliner, hingga transportasi akan tumbuh. Pariwisata bisa jadi salah satu solusi jangka panjang untuk menyerap tenaga kerja," jelas Helmi.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut