get app
inews
Aa Read Next : Lansia Tunanetra Tinggal di Rumah Tidak Layak, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Bersama Dinsos, Yayasan Garut Butuh Penyegaran Gelar Bimtek PSM

Rabu, 16 Oktober 2024 | 19:08 WIB
header img
Bimbingan tekhnis dasar peningkatan kapasitas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Yayasan Garut Butuh Penyegaran (YGBP) bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Garut menggelar bimbingan tekhnis dasar peningkatan kapasitas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan peduli anak yatim dan duafa Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bimtek dilangsungkan di aula kantor Dinas Sosial Kabupaten Garut, Rabu (16/10/2024).

Bimbingan tekhnis itu mengangkat tema "Meningkatkan Pengetahuan PSM dan Kepedulian Terhadap Warga Serta Menumbuhkan Rasa Kebersamaan Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat".

Diketahui Pekerja Sosial Masyarakat yang selanjutnya disingkat dengan PSM adalah seseorang sebagai warga masyarakat yang mempunyai jiwa pengabdian sosial, kemauan, dan kemampuan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, serta telah mengikuti bimbingan atau pelatihan di bidang kesejahteraan sosial. 

Ketua Yayasan Garut Butuh Penyegaran Dudung Sudiana di sesi wawancara mengatakan, YGBP ini kebetulan bergerak juga di bidang sosial yang tagline nya "Butuh Penyegaran. Yang mana, imbuhnya, nanti YGBP ini terus berlanjut melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), untuk melakukan kegiatan -kegiatan sosial.

"Ya istilahnya Kita gimana caranya bisa memberikan sedikit perhatian terhadap anak yatim piatu dan kegiatan -kegiatan yang berkaitan dengan sosial,"ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Garut Aji Sukamaji menuturkan, PSM ini adalah salah satu pilar-pilar sosial yang memang mesti diberikan bimbingan tekhnis dasar sebagai pekerja sosial masyarakat yang langsung nantinya berhadapan dengan problem sosial.

"Memang PSM ini salah satu relawan yang bagaimana bisa menyelesaikan permasalah-permasalahan yang ada di masyarakat. Dan permasalahan sosial ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, tapi harus dibantu oleh masyarakat, para relawan, dan oleh para pengusaha seperti Pak Haji Dudung Sudiana dengan Yayasan Garut Butuh Penyegaran,"pungkasnya.

"Mudah-mudahan PSM ini bisa terus ada di garis terdepan dalam menyikapi permasalahan sosial di masyarakat,"harapnya.

Di akhir kegiatan, Ketua Yayasan Garut Butuh Penyegaran H. Dudung Sudiana pun menyantuni anak yatim dan duafa, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut