BANDUNG, iNewsGarut.id-Mobil Hyundai All New Santa FE type hybrid telah diluncurkan sejak Oktober 2024. Selain tangguh di jalan perkotaan dengan performa mumpuni baik untuk perjalanan jarak jauh maupun untuk menghadapi situasi kemacetan kendaraan ini memiliki sejumlah fitur andalan lainnya.
Sehingga untuk menegaskan keandalan All New Santa FE ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak puluhan jurnalis menjelajahi jalur ekstrim menantang dari Bandung menuju Kamojang dan kembali ke Bandung dalam kegiatan media drive yang berlangsung pada 5-6 Desember 2024.
"Kemampuan All New Santa FE dalam menjelajah berbagai medan ini mencerminkan semangat ‘Live Bigger’ dari Hyundai, yang terus berinovasi dalam menghadirkan solusi mobilitas terbaik di setiap kebutuhan konsumen," kata Product Expert Assistant Manager PT Hyundai Motors Indonesia Bonar Pakpahan sela Hyundai Media Drive di Kamojang, Bandung, Jawa Barat, Jumat 6 Desember 2024.
Selama perjalanan ke Kawah Kamojang, jurnalis iNews.id berkesempatan menguji kemampuan All New Santa FE saat melalui kondisi jalan yang cukup ekstrim dan menantang menuju Kawah Kamojang.
Kamojang merupakan kawah gunung berapi yang masih aktif dan terletak di ketinggian 1730 mdpl. Berkat mesin Smartstream G1.6T-GDi HEV yang menggabungkan mesin bensin 1,6 liter dan sistem turbo hybrid yang mampu menghasilkan kombinasi tenaga maksimal hingga 235 PS pada 5.600 RPM yang lebih kuat dari mesin diesel, menjadikan mesin All New Santa FE yang paling unggul di kategori mobil sekelasnya.
Pengendara juga mendapatkan pengalaman berkendara yang mulus berkat dukungan sasis monocoque. Teknologi ini memberikan distribusi bobot yang optimal, sehingga meningkatkan stabilitas dan mengurangi guncangan saat melewati medan yang tidak rata.
Untuk jalan menurun Hyundai menyematkan fitur Downhill Brake Control (DBC) di All New Santa FE. DBC adalah fitur yang membantu pengemudi menuruni bukit curam tanpa perlu menginjak pedal rem. Fitur ini bekerja sama dengan ABS untuk mengambil alih fungsi rem.
Untuk mengoperasikannya cukup menekan tombol yang tersedia di sebelah kiri Terrain Mode. Sehingga indikator di panel instrumen akan menyala. Nah saat DBC menyala dan memasuki mode siaga.
Jurnalis iNews.id berkesempatan menjajal fitur ini selama perjalanan naik dari Bandung menuju Kawah Kamojang mulai dari Kecamatan Paseh hingga Ibun. Fitur ini dirancang untuk membantu pengemudi menjaga kecepatan kendaraan secara aman saat menuruni jalan yang curam. Karenanya fitur ini secara otomatis akan mengontrol pengereman untuk mempertahankan kecepatan yang stabil, tanpa kita perlu menginjak pedal rem. Namun DBC sebaiknya dimatikan di jalan normal.
All New Santa FE mencerminkan semangat ‘Live Bigger’ Hyundai yang konsisten menghadirkan solusi mobilitas terdepan sesuai dengan tren pasar dan kebutuhan konsumen.
Perjalanan dengan All New Santa FE pun semakin nyaman berkat kehadiran pilihan Drive Mode, yaitu Eco, Sport, dan My Drive pada varian Hybrid. Ketiga mode berkendara ini memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan kendaraan sesuaidengan kebutuhan dan kondisi jalan yang tengah ditempuh. Oleh karena itu, mobil ini tidak hanya unggul sebagai solusi mobilitas perkotaan, tetapi andal saat digunakan di jalur-jalur yang cukup ekstrim sekalipun. Lebih efisien berkat kombinasi teknologi canggih.
Dalam mendukung efisiensi yang lebih optimal, All New Santa FE juga dilengkapi 6-speed Automatic Transmission untuk varian hybrid.
Selain itu untuk type hybrid ditunjang teknologi canggih, seperti Hybrid Powertrain dan Auto Regenerative Braking, yang secara otomatis dapat mengontrol kekuatan regenerative braking dengan mempertimbangkan jarak kendaraan di depan, kecepatan, dan gradien jalan.
Disegi interior pengendara dapat mengagumi indahnya langit dalam kabin mobil melalui Dual Glass Sunroof dan bersantai di kursi Captain Seat berlapis nappa leather yang premium. Kursi baris pertama di All New Santa FE juga telah dilengkapi dengan fitur Seat Heating/Ventilation terbaru yang dapat menghangatkan tubuh para peserta di tengah dinginnya udara pegunungan.
Tidak hanya itu, kursi depan All New Santa FE sudah dilengkapi dengan First Row Relaxation Comfort Seat yang dapat memberikan kenyamanan ekstra melalui pengaturan posisi kursi ke berbagai posisi. Berkat interiornya yang lapang, pengendara bisa lebih leluasa memanfaatkan ruang bagasi yang besar dengan kapasitas minimal 628 liter (VDA) untuk varian HEV dalam menyimpan barang-barang yang dbutuhkan selama perjalanan.
Untuk memberikan ruang kabin yang lebih luas, kursi baris kedua dan ketiga All New Santa FE juga bisa dilipat sepenuhnya hingga mencapai 1.949 liter (VDA) untuk varian HEV.
Fleksibilitas ini memungkinkan penumpang dapat bersantai di belakang mobil dengan lebih nyaman.
Editor : Suriya Mohamad Said