get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Potensi Rempah Nusantara untuk Kehidupan Manusia

Sabtu, 19 Maret 2022 | 19:40 WIB
header img
Seorang peserta berjalan melalui layar sosialisasi Bumi Rempah Nusantara untuk Dunia, di Ballrom Hotel Harmoni, Garut, Sabtu (19/3/2022).

GARUT, iNews.id Keberadaan rempah sebagai khazanah budaya sekaligus jati diri identitas Nusantara rupanya masih belum disadari oleh masyarakat luas di Indonesia. Pemahaman mengenai potensi rempah-rempah Nusantara sebagai pilihan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seolah terlupakan oleh perkembangan zaman yang telah melahirkan zat kimia dan sintetis dalam kehidupan manusia.

Beberapa contoh dari perkembangan teknologi adalah lahirnya obat-obatan kimia untuk mengobati penyakit di bidang kesehatan dan perasa sintetis untuk bahan makanan. Berkaitan dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan langkah konkret berupa memperkenalkan kembali mengenai potensi rempah di Indonesia.

“Pertama awareness, memberikan kesadaran kepada masyarakat apa itu rempah. Kita memperkenalkan kembali tentang rempah dan potensi rempah di Nusantara,” kata Irini Dewi Wanti, Direktur Pelindungan Kebudayaan Ristek Kemendikbudristek, kepada wartawan, usai menggelar sosialisasi bertema Bumi Rempah Nusantara untuk Dunia, di Ballrom Hotel Harmoni, Garut, Sabtu (19/3/2022).

Salah satu bentuk dari potensi yang didapat adalah memanfaatkan keberadaan rempah sebagai herbal. “Pada awal-awal pandemi, saat obat tidak bisa mengobati Covid-19, tapi kita bisa bertahan pada masa pandemi itu dengan memanfaatkan herbal, tumbuh-tumbuhan rempah di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Iriani, selama ini keberadaan rempah Nusantara dekat dengan kehidupan masyarakat. “Ketika kita keluar rumah, ada kunyit ada jahe, sadar tidak itu sebagai potensi rempah?” ucapnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut