100 Hari Kerja Bupati-Wakil Bupati Garut, 9 Ribu Lebih Layanan Diselesaikan

GARUT, iNewsGarut.id – Pemerintah Kabupaten Garut terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Dalam Apel Gabungan yang diikuti oleh seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Garut, Wakil Bupati Garut, Putri Karlina, menyampaikan capaian 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Garut yang difokuskan pada program Roadshow Pelayanan Publik.
Apel tersebut berlangsung di Lapangan Sekretariat Daerah Kabupaten Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, pada Senin (26/05/2025). Dalam sambutannya, Putri Karlina menjelaskan bahwa program roadshow ini merupakan inisiatif langsung dari Bupati dan dirinya sebagai upaya konkret untuk menghadirkan pelayanan publik yang lebih dekat, cepat, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
“Program ini lahir dari kebutuhan riil masyarakat, terutama dalam hal pengurusan administrasi kependudukan yang selama ini dirasa sulit dan memakan waktu,” ungkap Putri.
Selama pelaksanaan roadshow yang berlangsung di berbagai kecamatan, sejumlah pelayanan berhasil diberikan secara langsung kepada masyarakat. Data menunjukkan capaian signifikan, antara lain:
9.423 layanan administrasi kependudukan 6.580 pencetakan ulang KTP karena rusak atau hilang 781 perekaman KTP 1.266 pembuatan akta kelahiran, akta kematian, dan Kartu Keluarga.
Tak hanya fokus pada urusan administrasi, program roadshow ini juga menyentuh sektor kesehatan dan ekonomi masyarakat. Dalam bidang kesehatan, tercatat:
5.356 cek kesehatan gratis 2.473 ibu hamil terdaftar dalam program kehamilan gratis dengan BPJS 720 aplikasi baru BPJS Ketenagakerjaan 2.422 aplikasi baru BPJS Kesehatan
368 entitas UMKM termasuk BUMDes dan tenaga kerja kontrak dilibatkan 183 hewan ternak diperiksa kesehatannya.
Total transaksi mencapai Rp 58.649.000 dari pasar tani, pasar murah Dinas Ketahanan Pangan, dan Indag 9 laporan pengaduan masyarakat ditangani melalui platform SP4N Lapor.
Putri Karlina menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan roadshow. Ia menilai bahwa pendekatan langsung ke masyarakat adalah strategi efektif untuk menjawab persoalan riil di lapangan.
“Saya harap program ini bisa terus dilanjutkan secara berkala. Jika efektif, roadshow bisa menjadi model pelayanan publik yang ideal di Kabupaten Garut,” tambahnya.
Tak hanya bicara soal capaian, Putri juga mengingatkan pentingnya literasi digital dan etika bermedia sosial di era disrupsi informasi. Ia mengimbau masyarakat agar lebih bijak dalam menyebarkan informasi serta tidak mudah terpengaruh berita yang belum jelas kebenarannya.
Mengakhiri sambutannya, Putri menyampaikan sebuah kutipan inspiratif:
“Tetap menyala walau apinya kecil sekali, tetap berdiri kokoh walau badainya besar sekali, sebab yang benar-benar kuat bukan yang tidak pernah goyah, melainkan yang terus bertahan meski hampir padam.”
Dengan capaian positif di 100 hari pertama ini, Pemerintah Kabupaten Garut optimis dapat terus menghadirkan pelayanan yang inovatif dan inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat.
Editor : ii Solihin