Guru Besar Pakar IPB University Sebut Hui Garut Bisa Sembuhkan Diare hingga Jerawat

neneng zubaidah
.
Jum'at, 17 September 2021 | 16:10 WIB
Umbi Garut atau masyarakat lokal menyebutkan hui Garut.

JAKARTA, iNews.id - Guru Besar IPB University, Profesor Titi Candra Sunarti menyebutkan,  umbi Garut atau dalam bahasa lokal disebut hui memiliki khasiat bagi kesehatan. Misalnya saja cocok dimanfaatkan sebagai makanan sehat untuk diet hingga pemulihan diare. Juga potensinya untuk masker atau bedak jerawat.

Dosen IPB University dari Departemen Teknologi Industri Pertanian ini mengatakan, umbi garut memiliki potensi sebagai pengganti tepung dan aneka produk makanan yang bergizi tinggi. Dia menuturkan, umbi garut segar juga dapat dijadikan sebagai bahan baku industri pati dan bibit tanaman. Namun demikian, komoditas ini belum dikenal oleh masyarakat luas karena masih menjadi konsumsi warga lokal.

BACA JUGA:

Rektor IPB Bertemu Danjen Kopassus Bahas Inovasi Rompi Antipeluru dari Limbah Sawit

“Kandungan pati dalam umbi garut mempunyai daya cerna tinggi sehingga mudah dicerna.  Ukuran granulanya juga besar sehingga dalam proses ekstraksi tidak terlalu sulit,” ujar sosok yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerja Sama dan Pengembangan Sekolah Pascasarjana IPB University ini melalui siaran pers, Jumat (17/9/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan keunggulan yang dimiliki itu, menjadikan umbi garut dapat diposisikan sebagai substitusi tapioka atau sagu. Ia menyarankan supaya teknik penyiapan dilakukan secara tradisional sehingga komponen fungsional terutama alkaloid dan tanin tidak hilang.

“Dengan viskositas rendah dalam keadaan panas maupun dingin menjadikan umbi garut bertekstur lembut. Tekstur tersebut baik bagi makanan bayi dan orang tua yang sedang sakit,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, ekstraksi umbi garut dengan cara basah merupakan teknik paling sederhana.  Umbi garut juga memiliki enzim polifenol yang tinggi dan berpotensi sebagai antioksidan. Tidak hanya itu, limbah padatnya bahkan dapat dimanfaatkan untuk pulp atau kertas dekoratif.

Ia juga menyebut, keunggulan umbi garut sangat cocok sebagai makanan sehat untuk diet. Pengembangan produk lokal berbasis umbi garut juga sangat berpotensi.

“Permintaan pati umbi garut atau arrowroot starch sebagai bahan baku biskuit bayi sangat tinggi. Permintaan yang tinggi ini salah satunya karena pati umbi ini punya keunggulan yaitu daya cernanya tinggi sehingga cocok bagi bayi yang sedang belajar menggigit,” tambahnya.

Keunggulan lain dari pati umbi garut adalah dapat dijadikan alternatif tepung bebas gluten. Umbi garut juga berkemampuan menyerap racun di dalam lambung terutama bagi penderita asam lambung berlebih. 

“Di bidang kesehatan, umbi garut mempunyai solving power yang tinggi, mampu menyerap air. Selain itu dapat digunakan untuk pemulihan luka pada lambung, bisa juga untuk pemulihan diare,” jelasnya.

Tidak hanya sebagai bahan pangan, umbi garut juga dimanfaatkan di industri komestika dan farmasi. Pati umbi garut dapat dijadikan masker atau bedak untuk menghilangkan jerawat. Hal ini karena umbi garut mengandung sifat anti iritan dan anti alergi.


 

Editor : Sazili Mustofa
Bagikan Artikel Ini