Pada 2024, Pemerintah Targetkan Ekspor Bumbu Rempah Rp28,5 Triliun 

Azhfar Muhammad
.
Senin, 27 September 2021 | 11:25 WIB
Lima bumbu dapur dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. (Doto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah menargetkan melakukan ekspor bumbu rempah Indonesia dengan total mencapai 2 miliar dolar AS atau Rp28,5 triliun pada 2024.   

"Kita (pemerintah) optimis untuk menargetkan ekspor bumbu rempah mencapai 2 miliar dolar AS dalam 4.000 restoran yang ada di mancanegara pada tahun 2024," kata dia melalui konferensi virtual saat membuka Rakornas Parekraf tahun 2021, Senin (27/9/2021).

BACA JUGA:

Daerah Sulut Detail Berita Gorontalo Ekspor Perdana Santan Kelapa Beku ke Tiongkok Sebanyak 24.300 Kg 

Target tersebut akan didukung lewat kampanye Indonesia Spice Up The World. Melalui kampanye ini, pemerintah berupaya mengangkat kuliner Indonesia dengan merangkul sejumlah pemangku kepentingan.   

Selain di sektor kuliner, pemerintah juga sedang menyiapkan berbagai persiapan untuk medical tourism, di berbagai destinasi wisata di Indonesia. 

Tak hanya itu, Luhut mengaku, pemerintah juga telah mendukung potensi industri game atau permainan yang begitu besar di Indonesia. 

"Ini juga perlu kita dorong agar industri memberikan kontribusi dan sumbangsih yang luar biasa khususnya bagi pelaku game lokal, sehingga bisa tumbuh di negerinya sendiri," ujarnya. 

Mencicipi Kelezatan Masakan India yang Kaya Rempah Luhut juga menegaskan, pemerintah saat ini juga mendukung dan mendorong sebanyak 15 juta unit pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk go digital.  

Editor : Sazili Mustofa
Bagikan Artikel Ini