get app
inews
Aa Read Next : Fokus Pengembangan EBT, Akses Jalan PLTA Upper Cisokan Berikan Manfaat bagi Masyarakat

Coffee Goodja Asal Cisurupan Ini Miliki Kualitas Ekspor Sampai ke Luar Negeri

Minggu, 20 Maret 2022 | 18:13 WIB
header img
Tempat usaha kopi bernama Goodja Coffee yang berlokasi di wilayah Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut.

GARUT, iNews.id Goodja Coffee, merupakan salah produk kopi yang dirintis oleh salah seorang pencinta kopi bernama Nandang Sopyan, yang beralamatkan di wilayah Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

Kopi hasil produksi Goodja Coffee ini sungguh luarbiasa, selain bisa menciptakan produk, kopi yang sudah diproduksi pun miliki kualitas ekspor ke luar kota atau provinsi, bahkan sampai ke luar negeri.

Menurut Nandang, ia menerangkan, dirinya mulai masuk ke dunia kopi itu sekitar tahun 2013. Tetapi pada waktu itu baru belum terlalu buming, ia masih dalam tarap belajar belum memproduksi sendiri, dan baru mengambil bahan baku dari petani-petani lain. 

"Di Tahun 2015, kita baru mulai coba memproduksi, itu skala kecil aja karena pasar kita masih sangat terbatas. Tahun 2017 karena kebutuhan pasar memang sudah cukup banyak, pada waktu itu kita sudah punya customer lah, pelanggan-pelanggan, terutama di kota-kota besar, 2017 kita memproduksi lumayan cukup banyak," terangnya saat dikonfirmasi secara langsung dikediamannya, Minggu (20/3/2022).

Lanjutnya, ia menyebutkan, dari tahun 2017 berlanjut sampai tahun 2019, pihaknya ada pesanan ekspor kopi ke FrankFurt dan Houston, kurang lebih sekitar 58 ton.

"Nah waktu itu kita membuat kelompok khusus untuk memenuhi kuota ekspor itu dari lingkup Cisurupan saja," ujar Nandang.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut