Logo Network
Network

PT Perinus Ekspor Gurita ke AS dan Ikan Kaca Piring ke Tiongkok Senilai Rp13 Miliar

sazili mustofa
.
Senin, 27 September 2021 | 13:08 WIB
PT Perinus Ekspor  Gurita ke AS dan Ikan Kaca Piring ke Tiongkok Senilai Rp13 Miliar
PT Perinus melakukan ekspor perdana gurita ke AS dan ikan kacapiring ke Tiongkok.(Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT Perikanan Nusantara (Persero) melakukan ekspor perdana 132 ribu ton gurita ke pasar Amerika Serikat (AS). Ekspor gurita yang dikemas dalam enam kontainer berukuran 40 feet ini, terdiri dari gurita steam (ready to eat) dan gurita whole frozen dengan nilai transaksi sebesar Rp12,9 miliar.

Acara pelepasan yang berlangsung di Kantor Perinus Cabang Makassar ini, dihadiri Direktur Utama Rajawali Nusantara Indonesia Arief Prasetyo sebagai Induk Holding Klaster Pangan BUMN, Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan Ir.Sulkaf S Latif. MM mewakili Plt Gubernur, Direktur PT. Berdikari United Livestok Imran Yasin Limpo, Kepala BKIPM Makassar Ir. Sitti Chadidjah, M.Si, Aspotmar Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Dominggus Sidang Misalayuk, S.E, dan beberapa pejabat dari PT Perikanan Nusantara (Persero).

BACA JUGA:

Keluarkan Peraturan Baru, KKP Terapkan Tarif PNPB Nol Rupiah untuk Pendidikan Kelautan dan Perikanan

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Perikanan Nusantara (Persero) Sigit Muhartono menyampaikan, potensi gurita di Sulawesi Selatan sangat besar, sehingga bisa menjadi salah satu produk unggulan yang banyak di ekspor dari Sulawesi Selatan. 

“Pada tahun 2020 di ekspor sebanyak 158.050 Ton dengan nilai Rp. 5.47 triliun. Dengan potensi tersebut saya optimis PT. Perikanan Nusantara Cabang Makassar kedepan dapat tumbuh berkelanjutan, namun harus di iringi dengan semangat dan kerja cerdas serta terus berusaha membuka pasar baru baik domestik maupun internasional,” kata Sigit Muhartono.

Selain ekspor ke Amerika, beberapa tahun terakhir ini PT Perinus cabang Makassar sudah secara rutin tiap bulan mengirim gurita dengan tujuan Jepang.
 
Juga selain untuk ekspor, saat ini Gurita steam cutting (ready to eat) Cabang Makassar juga sudah dipasarkan secara retail di Jabodetabek dengan merek Tukato Seafood. 

Pasar internasional untuk hasil perikanan PT Perinus terus berkembang. Sehari sebelumnya (Jumat, 24/9) Direktur Utama Perinus Sigit Muhartono juga telah melepas eksport perdana ikan Kaca Piring (Rajung) ke Tiongkok dari Perinus Cabang Tegal, Jawa Tengah sebanyak 12 Ton dengan nilai Rp. 413 Juta. Ekspor ikan Kaca Piring ini akan berlangsung rutin setiap bulan. 

Selanjutnya, awal Oktober Perinus Cabang Surabaya juga akan melakukan ekspor perdana ikan Layur beku ke Tiongkok sebanyak 25 ton dengan nilai transaksi kurang lebih Rp700 juta. Kemudian. Perinus Cabang Benoa juga tak ketinggalan akan melakukan ekspor perdana produk ikan marlin ke Philipina. Ini melengkapi ekspor ikan tuna produksi Cabang Bitung yang sebelumnya sudah secara rutin dikirim ke Jepang.
 
“Semakin bertambahnya negara tujuan dan jenis produk yang di ekspor PT. Perikanan Nusantara (Persero) serta didukung dengan sarana prasarana produksi berupa Air Blast Frezer (ABF ) kapasitas 119 Ton per hari dan Cold Storage  kapasitas  3.837 Ton. kami akan selalu hadir ditengah-tengah nelayan sebagai offtake hasil tangkapanya sehingga nelayan memiliki kepastian pasar dan saya berharap peran Perinus sebagai BUMN perikanan dapat  membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan, karena nelayan merupakan mitra strategis kami,” tambah Dirut Perinus Sigit Muhartono
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News

Bagikan Artikel Ini