get app
inews
Aa Read Next : Bacalon Bupati Garut Dudung Sudiana Penuhi Undangan PAMMI di Gelaran Seni dan Budaya

4 Universitas Ternama di Bandung yang Bermutu Tinggi

Kamis, 07 Oktober 2021 | 13:40 WIB
header img
Institut Teknologi Bandung (ITB).(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id – Empat universitas di Bandung, Jawa Barat yang bisa jadi referensi kamu menjalani pendidikan sarjana. Selain bermutu tinggi dengan berbagai fasilitas penunjang, kampus di Bandung juga menarik karena terletak di kota yang asri.  Yuk, telusuri empat universitas di Bandung yang bisa jadi referensi kaum muda: 

1. Institut Teknologi Bandung (ITB) 
Institute Teknologi Bandung atau yang biasa disingkat ITB merupakan salah satu universitas negeri tertua di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1959, jelas membuat ITB cukup sangat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.  Letaknya yang berada di tengah kota Bandung dan memiliki lokasi yang sangat luas. ITB kerap dilewati oleh para warga Bandung serta wisatawan.  

Uniknya, di dalam kampus terdapat aula yang merupakan peninggalan Belanda, Technische Hoogeschool karya arsitek Henri Maclaine Pont. Tahun 2021, ITB masuk ke peringkat 313 perguruan terbaik dunia versi QS World University Ranking.  

2. Universitas Padjajaran (Unpad) 


Universitas Padjajaran (Unpad).(Foto: Ist)

Sama halnya dengan ITB, Universitas Padjajaran atau yang biasa disebut dan disingkat Unpad merupakan salah satu universitas negeri tertua di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1957, dua tahun lebih tua dari ITB, membuat Unpad juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia.  

Nama kampus Unpad ini juga punya sejarah yaitu diambil dari nama Kerajaan Padjajaran yang dahulu menduduki Bandung raya. Fasilitas dari Unpad juga menarik mulai dari adanya gym, sampai ecological park.  Pastinya para mahasiswa gak akan bosen kelilingin Unpad. Tahun 2021 ini Unpad juga menduduki peringkat 801 QS World University Ranking. 

3. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) 


Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). (Foto:Ist)

Universitas Katolik Parahyangan atau biasa dikenal dengan sebutan Unpar merupakan salah satu universitas swasta yang ada di Bandung. Unpar menjadi salah satu kampus tertua di Indonesia.  Unpar dikenal dengan letaknya yang strategis karena cukup dekat dengan pusat kota. Hal ini menjadikan para Unparian, sebutan untuk mahasiswa Unpar, sering mengunjungi pusat kota. Unpar juga merupakan pelopor dari universitas katolik di Indonesia yang sudah ada dari tahun 1955.  

4. Telkom University (Tel-U) 


Telkom University (Tel-U).(Foto:Ist)

Telkom University atau yang biasa disebut Tel-U merupakan salah satu universitas swasta di Indonesia yang terletak di Kota Bandung. Diresmikan di tahun 2013, membuatnya menjadi universitas swasta yang masih muda di antara universitas-universitas lainnya. 

Tapi, jangan salah Tel-U ternyata sudah bisa bersaing dengan universitas swasta maupun negeri loh! Prestasi dari kampus, para dosen, alumni, serta mahasiswanya membuat Tel-U juga menjadi universitas swasta yang dikenal. Dilansir dari webometric Tel-U terdapat di urutan ke-7 universitas terbaik di Indonesia. Telkom University. 

Itu dia empat universitas yang ada di Kota Bandung, gak kalah keren kan dibandingkan universitas lainnya di Indonesia. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut