get app
inews
Aa
Read Next : 378 Jamaah Haji Tiba di Pendopo, Kemenag Garut : 6 Kloter Lagi Yang Akan Pulang

Kemenag Belum Pastikan Tanggal, Ibadah Umroh untuk Jemaah Indonesia Kemungkinan Awal November 2021

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:01 WIB
header img
Jemaah umroh.(Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Beredar informasi kloter pertama calon jamaah umroh akan tiba di Jeddah, Saudi Arabia pada 5 November 2021 mendatang.

Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh (Amphuri) Firman pun mengaku tidak ada kepastian tanggal hanya sebatas pembicaraan.  Namun, dia mengungkapkan apabila benar hal itu kabar baik bagi para calon jamaah umroh. 

"Intinya pembicaraan konsul jenderal, tidak ada kepastian juga artinya diperkirakan baru di awal November," tutur Firman saat dihubungi MNC, Selasa (12/10/2021). 

Sementara itu, secara terpisah Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief menyebut belum ada keterangan tanggal dari pemerintah maupun Saudi Arabia. 

"Belum ada keterangan tanggal dari Kemenag maupun Saudi. Panduan teknisnya juga masih belum dikeluarkan," ucap Hilman saat dihubungi MNC terpisah. 

Hilman menegaskan, belum mendapat informasi detail secara resmi. "Ya Saudi belum memberikan informasi detail yang resmi," ujarnya. 

Sebelumnya, Menteri Luar (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan Kerajaan Arab Saudi sudah membuka kembali ibadah umroh untuk jamaah Indonesia. Pemerintah Arab Saudi sedang bekerja untuk meminimalisir hambatan yang kemungkinan menghalangi ibadah umroh bagi jamaah Indonesia. 

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak kompeten dari pemerintahan Saudi Arabia perihal pengaturan kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah Indonesia,” kata Retno Marsudi kepada wartawan, Sabtu (9/10/2021).

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut