get app
inews
Aa Read Next : IJTI Korda Garut Berbagi Paket Beras kepada Santri Pondok Pesantren

Demi Study Tour Umroh, Santri Darul Arqam Garut Rela Nabung Rp1,7 Juta per Bulan selama 3 Tahun

Selasa, 18 April 2023 | 21:06 WIB
header img
Perjuangan santri Darul Arqam Garut rela menabung 3 tahun, demi vusa study tour umroh. Foto: TikTok

GARUT, iNewsGarut.id - Viralnya video santri Pondok Pesantren Darul Arqam Garut yang study tour umroh ke Makkah ternyata harus melalui perjuangan.

Sejak kelas 1 Madrasah Aliyah (setara 1 SMA) para santri harus rela menyisihkan uangnya untuk menabung. Setelah 3 tahun menabung, mereka akhirnya bisa berangkat ke Tanah Suci untuk ibadah umroh yang menjadi program study tour.

Study tour umroh ke Makkah ini dilaksanakan pada 14 Februari hingga 24 Februari 2023, meski videonya baru viral.

Menurut pihak Ponpes, kegiatan ini bukan sekedar study tour. Melainkan sebuah hadiah untuk para santri karena telah menyelesaikan pendidikan selama 6 tahun di pondok pesantren yang terletak di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. 

"Umroh ini adalah hadiah yang sangat baik di akhir mereka mondok selama enam tahun. Sebab umroh bagian dari ibadah. Hadisnya jelas bahwa dari satu umroh ke umroh lainnya untuk menghapus dosa," ungkap Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Pesantren Darul Arqam, Giri Fajar Wibawa saat dihubungi iNewsGarut.id, Selasa (18/4/2023).

Ia mengatakan program umroh ini sudah diterapkan sejak tahun 2016. Pihak pondok pesantren telah memberangkatkan santri untuk angkatan pertama umroh pada tahun 2021.

"Di angkatan pertama santri yang ikut tidak banyak. Totalnya dibawah tiga puluh orang. Karena saat itu masih pandemi dan kondisi sedang tidak bagus secara ekonomi," jelasnya. 

Sementara umroh angkatan kedua yang beritanya sedang viral, diikuti sekitar 155 santri terdiri dari 80 santri putri dan 75 santri putra. Selain santri, ada panitia, pembimbing dan sebagian orang tua yang ikut menemani putra-putrinya. 

"Jika ditotal ada sekitar 205 orang yang ikut di angkatan kedua ini. Di antaranya ada beberapa orang tua santri. Mereka antusias ingin menemani anaknya beribadah," paparnya. 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut