get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Ternak Mati Akibat PMK di Garut Capai 75 Ekor

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:49 WIB
header img
Sapi perah di salah satu peternakan Kabupaten Garut.

GARUT, iNews.id – Jumlah ternak mati akibat penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Garut mencapai 75 ekor. Data yang dihimpun Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut hingga Jumat (24/6/2022) itu juga menyebut bahwa hewan sembuh berjumlah 1.749 ekor. 

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut Sofyan Yani mengatakan, tim teknis kesehatan hewan telah melakukan pengobatan terhadap 5.227 ekor ternak. Dari jumlah itu, sebanyak 3.452 ekor diantaranya bergejala PMK. 

"Meskipun angka kesembuhan PMK di Kabupaten Garut cukup tinggi, namun tetap ada beberapa hewan ternak yang mati dengan gejala penyakit yang banyak menyerang sapi ini. Dari data terakhir, sebanyak 75 ekor ternak mati dengan gejala PMK," kata Sofyan Yani, Sabtu (25/6/2022). 

Satgas Pengendalian dan Penanggulangan PMK Garut sejauh ini telah melaporkan wabah PMK telah menyebar di 21 kecamatan Kabupaten Garut. "Dalam rangkaian penanganan PMK, tim teknis terus melakukan langkah-langkah penanganan PMK seperti karantina wilayah, biosekuriti, pengobatan ternak bergejala PMK, dan penyemprotan disinfektan di area kandang yang terdampak," ujarnya. 

Vaksinasi PMK, lanjutnya, mulai dilakukan  untuk pengebalan ternak. Ia menjelaskan ternak yang bisa divaksinasi hanyalah ternak yang sehat. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut