Wanita Sudah Meninggal Diizinkan Nyaleg dan Menang, Itulah Gilanya Pemilu Irak 

Muhaimin
.
Jum'at, 15 Oktober 2021 | 16:02 WIB
Ansam Manuel Iskandar, wanita yang menang pemilu Irak meski telah meninggal sejak Agustus lalu. (Foto:Middle East Monitor)

BAGHDAD, iNews.id - Pemilu di Irak bisa dibilang pemilu paling gila di dunia. Bagaimana tidak, pesta demokrasi di negara yang dilanda konflik sektarian ini, mengizinkan wanita yang sudah meninggal dicalonkan sebaagai anggota parlemen. Dan anehnya lagi, dia menang.Pemilu Irak berlangsung 10 Oktober 2021.

Ansam Manuel Iskandar, didaftarkan sebagai calon legislatif (caleg) di parlemen Baghdad melalui jalur independen. Padahal, wanita itu telah meninggal sejak Agustus lalu.

Ansam Manuel Iskandar termasuk di antara daftar pemenang dalam pemilu minggu ini, memperoleh 2.397 suara dan memenangkan satu dari lima kursi yang dialokasikan untuk komunitas Kristen di Irak di bawah sistem kuota.

Kemenangan Iskandar, bagaimanapun, tidak untuk dinikmati, karena banyak pengguna media sosial mengungkapkan kemarahan mereka bahwa dia diizinkan untuk mencalonkan diri dalam pemilu, meskipun telah meninggal hampir dua bulan lalu.

Dalam sebuah posting Facebook yang diterbitkan di halamannya oleh keluarganya, mereka mengonfirmasi bahwa wanita itu meninggal pada 24 Agustus 2021 setelah terinfeksi virus Corona.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini