get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Pemkab Garut Ajukan Vaksin PMK untuk Domba Garut Sebanyak 5 Ribu Dosis

Jum'at, 29 Juli 2022 | 21:27 WIB
header img
Seorang peternak bersiap untuk memberi makan Domba Garut, di salah satu peternakan domba tangkas wilayah Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, beberapa waktu lalu.

GARUT, iNews.id Pemerintah Kabupaten Garut mengusulkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) khusus domba tangkas ke Kementerian Pertanian (Kementan) RI sebanyak 5.000 dosis. Vaksin yang diajukan itu bertujuan agar domba tangkas atau yang lebih dikenal dengan Domba Garut terhindar dari wabah PMK. 

"Kami akan mengeluarkan vaksin khusus domba, sudah diusulkan ke pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi sebanyak 5.000 dosis untuk tahap pertama," kata Kepala Diskanak Kabupaten Garut Sofyan Yani kepada MPI, Jumat (29/7/2022). 

Vaksin untuk domba, kata Kadiskanak Garut, dipertimbangkan untuk diberikan karena populasi domba yang cukup banyak di Jawa Barat. Usulan pengajuan vaksin sendiri disampaikan dan telah disetujui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suhariyanto, melalui zoom meeting yang dilakukan baru-baru ini. 

"Pengajuan ini sebelumnya datang dari permintaan HPDKI (Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia), yang mengusulkan agar vaksin juga dilakukan terhadap domba selain pada ternak sapi. Dari zoom meeting yang dipimpin oleh Kepala BNPB, rupanya vaksin untuk domba di Jawa Barat sangat dimungkinkan dan direkomendasikan," ujarnya. 

Sofyan Yani menjelaskan, vaksinasi untuk domba kali ini diprioritaskan untuk domba yang memiliki nilai ekonomi tinggi, yaitu jenis Domba Garut. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut