get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

12 Tahun Irigasi Cimanuk Ditutup Ratusan Warga Cilawu Geruduk Kantor DPRD Garut

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 13:10 WIB
header img
Forum Masyarakat Peduli Pengairan Saat Audensi di Kantor DPRD Garut. Foto iNewsgarut.id/Hendrik Prima.

GARUT,iNewsGarut.id – Ratusan warga Kecamatan Cilawu, geruduk kantor DPRD Kabupaten Garut, Kamis (13/10). Para menuntut kepada pihak DPRD dan Pemkab Garut agar lebih serius dalam menangani permasalahan Irigasi Cimanuk.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Forum Masyarakat Peduli Pengairan (FMPP) Ferry Sakti bahwa aksi kali ini merupakan tuntutan para warga petani yang terdampak. Kata Ferry, irigasi Cimanuk sudah ditutup hampir 12 tahun lamanya. Sehingga, para petani sangat kesulitan untuk mendapatkan pasokan air yang layak.

"Jika kondisi ini dibiarkan, akan sangat berpotensi rawan keamanan yang luarbiasa. Karena, yang namanya rebutan air itu bisa menimbulkan korban jiwa, ' ujar Ferry Sakti.

Menurut Ferry, para petani menjadi resah disebabkan saat ini sedang mengalami musim tanam. Sehingga, para petani mengeluh dikarenakan saat momen tersebut pengolahan  sawah membutuhkan banyak air.

Fery juga menjelaskan bahwa masyarakat selama delapan tahun bergotong royong membuat normalisasi irigasi secara manual.

Pasalnya, selama bertahun-tahun belum adanya perhatian serius dari pemerintah. Akibat dari pembiaran tersebut pula, kata Fery mengakibatkan kerusakan alam di sekitar Gunung Cikuray.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut