get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPRD Garut Dukung Peningkatan Kualitas Hidup KPM PKH

5 Hari Terakhir di Garut Ada Sekitar 46 Bencana Akibat Curah Hujan Tinggi dan Siklus Air

Kamis, 27 Oktober 2022 | 06:15 WIB
header img
Musibah Tanah Longsor di Bungbulang Garut Timpa 6 Rumah Warga. Foto (Hendrik Prima)

Dikatakannya, Dinas Sosial dan BPBD Garut pun memberikan bantuan sosial juga melakukan assessment untuk memastikan kebutuhan mendasar para penyintas juga agar mereka bisa merekomendasikan ke SKPD lainnya apa saja yang dibutuhkan untuk rehabilitasi di lokasi longsor.

Yudha menegaskan, Perlu ada kewaspadaan tinggi dari semua pihak karena Garut daerah rawan bencana, kampung ciseupan sendiri pernah mengalami musibah longsor dengan daya rusak tinggi di tahun 2014.

"menurut laporan warga setempat beberapa bulan lalu sudah terjadi longsor dari perbukitan namun tanah longsoran tidak sampai ke pemukiman,"jelasnya.

Melihat kurangnya personil di BPBD dan Tagana Dinsos Garut, Yudha berharap Pemkab Garut beserta semua pihak harus menyiapkan di tiap tiap Desa relawan siaga bencana disamping kegiatan mitigasi bencana yang masif dan melibatkan semua komponen warga mengingat struktur banyak daerah di Garut labil dan rawan longsor.

"Tadi juga saya menyaksikan bagaimana Rebbana ( relawan bantu bencana ) kecamatan bungbulang sampai sore membantu warga bersih-bersih, kemudian membantu BPBD melakukan assessment, Keberadaan relawan seperti ini harus ada tiap-tiap Desa,"harapnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut