get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Inflasi Bergerak Menuju 6,5, Pemkab Garut Gelar Pangan Murah

Selasa, 08 November 2022 | 14:08 WIB
header img
Sejumlah Masyarakat Garut Saat Membeli Sejumlah Sembako di Gelar Pangan Murah. Foto (Hendrik Prima)

GARUT, iNewsgarut.id – Gelar Pangan Murah (GPM) merupakan gagasan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang juga dilaksanakan serentak di 40 tempat di Provinsi Jawa Barat. Yang bertujuan untuk meringankan beban ibu rumah tangga ataupun keluarga dalam pengeluaran harian.

Pemerintah Kabupaten Garut sendiri, Hari ini Selasa (8/11/2022), menggelar Pangan Murah yang dilaksanakan di Halaman Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Garut atau dikenal dengan Kantor Samsat Garut, Jalan Suherman Nomor 65, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Acara dibuka langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyampaikan, Gelar Pangan Murah ini merupakan sebuah gagasan yang luar biasa mengingat sebelumnya seluruh gubernur dan bupati di Indonesia dipanggil oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian melalui zoom meeting dalam rangka membahas kondisi perekonomian Indonesia yang saat ini terancam inflasi.

"Meskipun laju pertumbuhan ekonomi kita sekarang di angka 5,7, tapi inflasi bergerak terus mau menuju ke angka 6,5. Jadi laju pertumbuhan ekonominya naik memang 5,7 di triwulan ke tiga, tapi laju pertumbuhan ekonomi tergeser dengan inflasi yang melebihi laju pertumbuhan ekonomi,” kata Rudy.

Dikatakan Rudy, bagaimana pun juga ini adalah kehendak daripada pemerintah untuk bisa menurunkan cost pengeluaran ibu-ibu setiap hari. "Jadi nanti kalau harga telur 28 (ribu), disini hanya 26 (ribu). Kalau sekarang ibu-ibu supaya kuat beli lah yang namanya bawang putih, bawang putih itu menyehatkan, kalau ibu-ibu perlu membuat sop, ada kentang murah di tempat (ini),” ucapnya.

Selebihnya, Ia menuturkan, pihaknya berencana untuk kembali mengeluarkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar satu miliar, untuk memberikan pelayanan berupa pangan murah yang akan dikelola dalam jangka satu bulan ke depan tepatnya sampai bulan Desember.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut