get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Satu Rumah di Cisompet Garut Runtuh, Diduga Akibat Gempa Berkekuatan M 5,3

Minggu, 13 November 2022 | 15:46 WIB
header img
Satu rumah di Kampung Singatuwuh RW08, Desa Jatisari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, roboh pada Sabtu (12/11/2022) malam.Foto(Fani Ferdiansyah)

Di tempat terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Satria Budi membenarkan pihaknya telah menerima laporan rumah warga yang ambruk tersebut. Namun, Satria Budi belum bisa memastikan penyebab rumah tersebut ambruk karena guncangan gempa.

"Kami sudah mengirimkan tim dari BPBD Garut ke Cisompet untuk meninjau langsung seperti apa, nanti dilihat dan ditelusuri rumah itu ambruk karena gempa atau memang faktor usia bangunan," kata Satria Budi.

BPBD Garut, tambah Satria Budi, akan melakukan sejumlah langkah berdasarkan hasil assesment yang dilakukan tim di lokasi peristiwa. Untuk sementara BPBD Garut akan memberikan bantuan logistik pada pemilik rumah yang ambruk.

"Terlepas dari penyebabnya seperti apa, warga yang rumahnya rusak harus mendapatkan bantuan, sesuai dengan instruksi dari pak bupati," ujarnya.

Saat ini, pihaknya masih menunggu laporan dari tim yang dikirim ke Cisompet. Jika karena faktor pergerakan tanah, lanjutnya, BPBD Garut akan meminta PVMBG melakukan penelitian dan melihat hasil rekomendasinya seperti apa.

"Apa perlu relokasi atau tidak, lalu apabila karena gempa dilihat juga hasil assesmentnya, bantuannya nanti bagaimana. Tentunya akan ada keterkaitan dengan dinas teknis seperti Disperkim (Dinas Perumahan dan Permukiman Garut), Dinas Sosial, dan BPBD Garut sendiri," kata Kalak BPBD Garut.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut