get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Sohibul Iman Nilai Indonesia Bisa Terhindar dari Krisis Pangan 2023

Minggu, 13 November 2022 | 20:09 WIB
header img
Wakil Ketua Majelis Syuro DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman diwawancarai usai kegiatan Kenduri Pangan Lokal di Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (13/11/2022).Foto.(ist)

"Disini tentu saja peran pemerintah jelas, harus menciptakan kondisi yang kondusif bagi petani untuk mereka mau kembali ke ladang kalau mereka tidak memiliki insentif ke sana, maka tentu tidak mungkin ini akan dikelola," ucapnya.

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengucapkan inflasi sebanyak 7 kali dalam pidato Nota Keuangan RAPBN 2023. Adapun yang perlu dicermati bukan hanya soal harga BBM, tapi juga inflasi dari pangan.

Direktur Eksekutif Celios, Bhima Yudhistira mengatakan, pemerintah sebaiknya memperhatikan kondisi sektor pertanian karena tantangan ke depan adalah inflasi.

"Ini memang pak Jokowi dalam 2022-2023 tidak main-main soal inflasi, nah dalam pidato itu disinggung juga soal pangan terlepas dari masalah energi ini juga permasalahan soal krisis pangan," kata Bhima dalam Webinar BUMN Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional Agustus 2022 lalu.

Menurut Bhima, perlu adanya koordinasi holding perkebunan BUMN dan holding pupuk BUMN. Hal itu cukup krusial mengingat dalam menjaga pasokan pangan khususnya dalam meningkatkan produktivitas lahan pertanian.

Selain itu, penyaluran subsidi pupuk tepat sasaran hingga bekerjasama dengan petani untuk pengolahan pasca panen perlu dipastikan tetap terjaga. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut