Puluhan Jemaah Umroh Asal Garut Menjadi Korban Wanprestasi Travel

Fani Ferdiansyah
.
Senin, 23 Januari 2023 | 21:56 WIB
Pembimbing jemaah umroh Majelis Taklim At Taufik, Ustadz Encep Awaludin Wahab, menunjukan sejumlah bukti wanprestasi yang dilakukan oleh salah satu travel Senin (23/1/2023) iNewsGarut.id/ Fani Ferdiansyah.

GARUT, iNewsGarut.id – Sejumlah jemaah umroh asal Kabupaten Garut berencana melaporkan salah satu travel yang mengurus keberangkatan mereka ke Tanah Suci beberapa waktu lalu ke polisi. Pelaporan akan dilayangkan para jemaah karena pihak travel berinisial WT diduga melakukan tindak wanprestasi.

Pembimbing jemaah umroh dari Majelis Taklim At Taufik, Ustadz Encep Awaludin Wahab, menjelaskan bila travel WT tersebut tidak memenuhi tugasnya dalam mengurus keberangkatan dan akomodasi para jemaah ke tanah suci pada Senin, 30 Desember 2022 lalu. Travel WT saat itu, lanjutnya, hanya membiayai akomodasi perjalanan dari Garut menuju Bandara Soekarno-Hatta saja.

"Kami akan mengambil langkah hukum dengan melakukan pelaporan pada aparat kepolisian agar kejadian serupa tidak terulang. Kasihan jemaah yang ingin melaksanakan ibadah umroh, jemaah sudah membayar namun pihak travel tidak mengurus kewajiban mereka," ujar Ustadz Encep Awaludin Wahab, saat ditemui di Agnia Residence, Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin (23/1/2023).

Ia menuturkan, pada Jumat 30 Desember 2022 lalu para jemaah Majelis Taklim At Taufik berangkat dari Garut sebanyak 22 orang. Sementara 4 orang lainnya, berasal dari daerah berbeda, yakni 2 orang dari Bandung dan 2 orang lainnya dari Tasikmalaya.

"Tiba di Bandara Soekarno-Hatta kami tidak disambut dan bahkan mendapatkan kabar tidak bisa berangkat. Kami kebingungan dan malah disuruh pulang kembali ke Garut dengan bus yang disediakan oleh travel itu," ucapnya.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan pihak travel WT kala itu, seluruh jemaah tidak bisa berangkat karena visa untuk 4 orang jemaah di antara mereka belum keluar. Padahal, sambungnya, seluruh jemaah telah mengurus dan melakukan pembayaran sejak jauh hari.

Follow Berita iNews Garut di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini