get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Wajib Coba, Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Kicau

Selasa, 06 Juni 2023 | 10:01 WIB
header img
Foto daun sirih yang tumbuh merambat di pekarangan rumah warga di Singajaya, Garut. Foto : iNewsGarut.id/Indra Sanjaya

GARUT, iNewsGarut.id – Daun Sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat dan bersandar pada batang pohon lain dan memiliki banyak manfaat bagi manusia dan hewan.

Daun sirih dimanfaatkan oleh masyarakat sejak dahulu, terutama dengan mengunyah daun atau buahnya bersama gambir, pinang, dan kapur. Kini dau sirih juga dimanfaatkan untuk pengobatan pada burung kicau.

Septian (27) penghobi burung kicau asal Singajaya, mecertikan pengalamnya akan khasiat daun sirih sebagai obat alternatif untuk penyembuhan burung kicau yang sedang sakit.

"Daun sirih banyak manfaatnya bagi burung kicau selain untuk mengobati kutuan dan bubulan. Daun sirih juga dupercaya dapat menyembuhkan suara serak pada burung atau mogok ngoceh," katanya, Selasa (6/6/2023).

"Untuk mendapatkan manfaat daun sirih bagi burung yang sedang mengalami suara serak, siapkan daun sirih sebanyak 3 lembar.

Irisan jahe sebesar telunjuk dan 1 lembar daun mengkudu muda, kemudian rebus menggunakan 2 gelas air bersih dengan besar api sedang selama 10 menit," katanya.

Untuk cara pemberiannya dapat diminumkan langsung kepada burung pagi dan sore atau menggantikan air minumnya dengan air rebusan ini.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut