get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

DKKG Dorong Pemerintah Jadikan Makam Bupati Bandung Ke-2 di Garut Sebagai Cagar Budaya

Kamis, 22 Juni 2023 | 07:49 WIB
header img
Ziarah DKKG di makam Astana Kalong, Situs Makam Raden Tumenggung Ardikusumah Bupati Bandung ke-2 (Demang Timbanganten) di Kampung Sirnagalih, Keluarahan Sukagalih, Kecamatan Taragong Kaler. Foto : iNesGarut.id/Indra Sanjaya

GARUT, iNewsGarut.id – Pelaku dan penggiat budaya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang tergabung dalam Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) bersama Wakil Bulati Garut melaksanakan kegiatan Ziarah Budaya.

Ziarah Budaya ini berlangsung di Makam Astana Kalong, Situs Makam Raden Tumenggung Ardikusumah Bupati Bandung ke-2 (Demang Timbanganten) di Kampung Sirnagalih, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Taragong Kaler, Rabu (21/6/2023).

Ketua DKKG Irwan Hendarsyah mengatakan, hari ini pihaknya melakukan kegiatan Ziarah Budaya. Dimana ziarah ini untuk memastikan dan melihat langsung ada peninggalan sejarah yaitu Makam Raden Tumenggung Ardikusumah, Bupati Bandung ke-2. 

Makam bersejarah tersebut merupakan keturunan Timbanganten dan merupakan awal sejarah dari Kabupaten Garut.

"Kami berharap agar makam ini dijadikan warisan budaya atau cagar budaya dari Pemerintah tingkat provinsi, karena bupati ini merupakan Bupati Bandung ke-2," katanya.

Dikatakan Irwan, pihaknya akan mendorong Dinas Parawisata Kabupaten Garut untuk bersama-sama mendorong makam ini menjadi situs budaya tingkat provinsi. Maka dari itu, imbuh Irwan, perlu adanya kerjasama antara provinsi dan kabupaten.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut