get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Kabupaten Garut Disebut Swiss Van Java? Ternyata Ini Alasannya

Selasa, 04 Juli 2023 | 18:50 WIB
header img
Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat (Foto: Indonesia-Tourism/Okezone).

GARUT, iNewsGarut.id – Kabupaten Garut, Jawa Barat, selain dijuluki sebagai Kota Intan dan Kota Dodol, nyatanya juga dikenal dengan sebutan Swiss Van Java.

Kabupaten Garut sendiri merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang ada di Provinsi Jawa Barat. Karena Garut memiliki beragam destinasi wisata yang menyuguhkan panorama alam yang indah, mulai dari pegunungan, air terjun, hingga pantai yang banyak terdapat di wilayah Garut Selatan.

Untuk itu, tak berlebihan jika Garut dijuluki Paradijs van het Oosten (Surga dari Dunia Timur) dan Swiss Van Java alias Swiss di Pulau Jawa.

Julukan Swiss Van Java dinobatkan pada kota Garut merujuk pada pemandangan alamnya yang indah layaknya di negara Swiss. Garut mempunyai deretan pegunungan yang luas hingga hamparan pesawahan, mirip dengan Pegunungan Alpen di Eropa.

Swiss Van Java merupakan julukan yang diberikan wisatawan Eropa yang berkunjung ke Garut pada abad ke-19. Mereka menganggap Garut mempunyai banyak kemiripan dengan negara Swiss dari sisi keindahan alamnya. 

Kabupaten Garut juga memiliki julukan lain seperti Garoet Mooi yang berarti Garut Cantik. Selain itu, Garut juga sempat menjadi kawasan primadona bagi warga Eropa pada masa kolonial Belanda.

Bahkan, sangking indahnya pesona alam di Garut, membuat seorang sastrawan atau ulama bernama Ahmad Abdullah Assegaf, mengabadikan keindahan Garut dalam bukunya yang berjudul 'Fafat Garoet' tahun 1928.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut