get app
inews
Aa Read Next : Balon Bupati Garut H Dudung Sudiana Silaturahmi Dengan GPHBM Cikajang

Dosen Fkominfo Uniga Sebut Media Harus Bisa Mencerdaskan Masyarakat

Senin, 21 Agustus 2023 | 13:40 WIB
header img
Dosen Fkominfo Uniga sekaligus Praktisi Media, Ridwan Mustofa. (Foto InewsGarut.id)

GARUT, iNewsGarut.id – Tahun politik sudah di depan mata, suguhan berita berkaitan dengan informasi-informasi mengenai peta koalisi, hingar bingar para pendukung capres-cawapres, hingga sepak terjang dari para calon pun setiap harinya mewarnai layar televisi dan kanal berita lainnya.

Namun demikian, tidak hanya masyarakat yang harus cerdas menghadapi tahun politik, media pun dihadapkan pada sebuah tantangan yang sangat beragam dan kompleks, terutama dalam konteks demokrasi dimana proses politik memiliki dampak besar pada masyarakat.

“Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, media perlu mempertahankan prinsip jurnalisme yang kuat, memprioritaskan fakta dan kebenaran, menjaga integritas, dan berkomitmen untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Dosen Fkominfo Uniga sekaligus Praktisi Media, Ridwan Mustofa, Minggu (20/8/2023).

Ridwan menyampaikan, pada dasarnya tahun politik merupakan saat yang penting dalam perkembangan suatu negara, dan peran media sangat penting dalam memastikan adanya informasi yang akurat, seimbang, dan dapat dipercaya.

“Media memiliki peran krusial dalam menyediakan informasi yang akurat, menyampaikan isu-isu penting, dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokratis,” ujarnya.

Menurut Ridwan, dengan mematuhi prinsip-prinsip jurnalisme yang kuat dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan, media dapat mengatasi tantangan dan tetap menjadi pilar dalam masyarakat yang demokratis.

Selain itu, tambah Ridwan, tahun politik seringkali diwarnai oleh penyebaran berita palsu, informasi yang tidak akurat, atau disinformasi.

Maka dari itu, media perlu berjuang untuk memverifikasi informasi sebelum disiarkan agar tidak ikut menyebarkan informasi yang salah.

Ia menambahkan, media harus berusaha mempertahankan integritas jurnalisme dengan tetap mempertahankan objektivitas dan menghindari bias politik. Tantangan ini semakin sulit ketika lingkungan politik sangat polarisasi.

“Intervensi politik dalam proses jurnalisme dapat merongrong independensi media,” tambah dia.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut