get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Hari Pendidikan dan Hari Menggambar Nasional 2024 di TIB Garut

Mahasiswa Uniga Fasilitasi Pengobatan Gratis, Penyuluhan Kesehatan, Hingga Wirausaha Muda

Selasa, 22 Agustus 2023 | 15:29 WIB
header img
Kegiatan pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, dan wirausaha muda yang digelar mahasiswa KKN Uniga di Desa Cihaurkuning, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut. (Foto Istimewa)

GARUT, iNewsGarut.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Garut (Uniga) Kelompok 1 Desa Cihaurkuning, Kecamatan Cisompet, mengadakan kegiatan pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, dan wirausaha muda, Senin (21/8/2023).

Beberapa kegiatan tersebut dilaksanakan di dua lokasi, untuk penyuluhan dan pengobatan gratis bertempat di GOR Desa Cihaurkuning. Sedangkan sosialisasi wirausaha muda digelar di SDN 2 Cihaurkuning.

Pelaksanaan kegiatan pengobatan gratis berkolaborasi dengan salah satu lembaga zakat nasional yaitu Yayasan Bakrie Amanah dan juga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cisompet.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN Desa Cihaurkuning, Setiadi mengatakan, pengobatan gratis dan kegiatan lainnya digelar karena melihat fasilitas kesehatan yang ada di desa setempat lumayan jauh.

Untuk itu, sambung Setiadi, dirinya bersama mahasiswa KKN bekerjasama dengan pihak terkait mengadakan beberapa kegiatan terkait kesehatan bagi masyarakat Desa Cihaurkuning.

"Salah satu alasan diadakannya pengobatan gratis ini selain melihat adanya puskesmas pembantu (Pustu) dan akses ke puskesmas yang lumayan jauh, saya juga alhamdulillah memiliki akses ke lembaga zakat nasional," ujar Setiadi.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Nur Lana Ikmila, menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah memaksimalkan kebutuhan kesehatan di Desa Cihaurkuning. Dimana akses menuju fasilitas kesehatan di desa tersebut lumayan jauh.

Dikatakan Nur, kegiatan ini juga memberikan penyuluhan bagi masyarakat Desa Cihaurkuning terkait minimnya pengetahuan mengenai kesehatan.

Ia menambahkan, materi penyuluhan kesehatan itu diantaranya adalah mengenai antibiotik, obat herbal, asam urat, dan kolesterol.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut