get app
inews
Aa Read Next : Bacalon Bupati Garut Dudung Sudiana Penuhi Undangan PAMMI di Gelaran Seni dan Budaya

Kemenkes RI Beri Penghargaan ke Pemkab Garut Atas Integrasi Kesehatan Primer

Kamis, 31 Agustus 2023 | 19:34 WIB
header img
Bupati Garut, Rudy Gunawan, Saat Menerima Penghargaan Dari Menkes RI, Budi G. Sadikin. Foto istimewa

JAKARTA, iNewsGarut.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, menyerahkan penghargaan kepada Bupati Garut Rudy Gunawan, atas dukungannya dalam Pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer. 

Penyerahan penghargaan dilaksanakan bertepatan dengan acara Launching Nasional Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer dan Penguatan Perencanaan Pembangunan Kesehatan, di Grand Ballroom JIEXPO Convention Center Jakarta, Kamis (31/08/2023).

Selain Bupati Garut, penghargaan yang sama diberikan kepada 8 bupati/walikota se-Indonesia, yaitu Bupati Ogan Hilir, Bupati Keerom, Bupati Banjar, Bupati Sumbawa Barat, Bupati Maros, Bupati Timor Tengah Selatan, Walikota Surabaya, dan Walikota Tual.

Dalam sambutannya, Menkes RI, Budi G. Sadikin, menyampaikan bahwa konsep dari Integrasi Layanan Primer (ILP) adalah membangun masyarakat Indonesia yang sehat, dengan fokus utamanya di layanan primer seperti promotif dan preventif.

Ia mengungkapkan layanan primer ini bukan ide baru, melainkan merevitalisasi ide pendahulu-pendahulu bangsa Indonesia yang pada tahun 1969 mendirikan Puskesmas dan tahun 1986 mendirikan Posyandu. 

Ada beberapa hal yang direvitalisasi, pertama adalah struktur layanan primer kini lebih dirapihkan, dengan melibatkan Puskesmas Pembantu dan Posyandu, untuk melakukan pelayanan kesehatan primer bagi masyarakat.

"Jadi layanan kesehatan itu dulu hanya Puskesmas, kita turunin ke 85 ribu Puskesmas Pembantu, kita turunin 300 ribu dusun, standar pelayanannya kita redefinisikan, kita standarkan, Posyandu lakukan apa untuk promotif preventifnya, si Pustu lakukan apa, Puskesmas lakukan apa, dan semuanya dikembalikan ke kitanya untuk untuk promotif preventif," ujar Budi dalam sambutannya.

Budi mengatakan jika awal hadirnya Puskesmas adalah tujuannya untuk menjaga agar orang sehat, sehingga jika Puskesmas dijadikan rumah sakit merupakan sebuah konsep yang kurang tepat.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut