get app
inews
Aa Read Next : Menang Atas PSAB Aceh Besar, Peluang Persigar Garut Lolos ke 32 Besar

Fatisha dan Fazila, Gadis Belia Asal Garut Terus Lestarikan Seni Tradisional Jaipong

Jum'at, 01 September 2023 | 19:01 WIB
header img
Fatisha dan Fazila Saat Praktekan Tarian Jaipongan. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Tari jaipong adalah jenis tarian yang berasal dari daerah Jawa Barat, yang mana tari ini memiliki ciri khas dan gerakan yang sangat indah. Tarian yang mulanya berkembang di daerah Karawang dan Bandung ini, kini sudah mulai di bumingkan di berbagai wilayah khususnya di Jawa Barat.

Di era milenial ini sulit rasanya menemukan anak belia yang tertarik kebudayaan Sunda. Bahkan ada yang tinggal di tanah Sunda namun enggan berbicara Bahasa Sunda bahkan tidak tertarik sama sekali dengan kebudayaan Sunda.

Tantangan sendiri bagi orang tua yang harus memupuk rasa ketertarikan kebudayaan Sunda khususnya tari jaipong. Namun tidak demikian, bagi gadis belia yakni Fatisa Awaliyah Ramadani (12 tahun ) dan Fazila Mahveen Humaira (5 tahun), justru keduanya eksis untuk melestarikan seni tradisional tari jaipong. 

Kedua gadis belia yang merupakan asli putri kelahiran Garut ini, mereka keduanya merupakan saudara atau sepupu yang sama-sama dididik oleh kedua orang tuanya yakni Fatisha yang merupakan anak dari Rifa Nizar dan Asri Purnamasari, dan Fazila Mahveen Humaira anak dari Wildan Fadilah dan Mutia Dwi Krisnawati ini sama-sama untuk mencintai seni tradisional jaipong.

"Iya, sejak usia empat tahun humay sapaan dari fazila sudah Saya arahkan untuk mengikuti les tari jaipong yang berada di salah satu sanggar ternama di kabupaten Garut yakni Galura Kencana yang berada di jalan Ciledug, Kecamatan Garut Kota" Ujar Mutia Dwi Krisnawati, (Ibunda Fazila). 

Menurut Mutia, Gadis belia humay yang kini masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak sudah mengikuti berbagai event mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut