get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Kemenkominfo RI Meyakini Smart City Bisa Segera Dilaksanakan di Garut

Selasa, 10 Oktober 2023 | 07:33 WIB
header img
Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap IV Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win l Program Unggulan Kabupaten Garut Tahun 2023. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia meyakini bahwa smart city bisa segera dilaksanakan oleh Kabupaten Garut mengingat potensi-potensi pelaksanaan smart city di Kabupaten Garut dinilai sudah cukup. 

Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI, Mariam Fatima Barata pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap IV untuk Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Garut Tahun 2023. Acara ini berlangsung di Ballroom Kassiti Fave Hotel, Jalan Raya Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (9/10/2023).

"Melihat dari masukan-masukan dari para OPD di Garut ternyata sebenarnya Garut itu sudah cukup mapan, dan sudah bisa mengakomodir rencana-rencana untuk smart city yang akan datang ini," ungkapnya Ia menilai, bahwa penyusunan masterplan smart city ini sangat penting bagi Kabupaten Garut. 

"Harapan saya dengan adanya penyusunan masterplan smart city ini, bukan hanya jadi sebuah buku untuk panduan tetapi juga bisa dilaksanakan oleh seluruh OPD terkait apa yang sudah dimasukkan atau sudah di dalam buku masterplan tersebut," ungkapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Garut, Margiyanto, menjelaskan bahwa bimtek tahap keempat ini merupakan tahap akhir dari penyusunan masterplan smart city di Kabupaten Garut. Ia berharap Pemerintah Kabupaten Garut akan membangun komitmen dalam rangka pengembangan masterplan smart city. Tindak lanjutnya, imbuh Margiyanto, Kemenkominfo RI akan melakukan ekspos terkait masterplan smart city Kabupaten Garut kepada Bupati Garut dan Sekretaris Daerah.

"Terutama nanti kita juga memiliki keterkaitan dalam rangka penyusunan RPJPD dan RPJMD," katanya.

Ia menambahkan, bahwa smart city tidak hanya sekedar pemanfaatan teknologi informasi, namun juga menyangkut mindset terhadap pengimplementasian smart city tersebut di Kabupaten Garut.

"Bagaimana konsepsi mindset smart city itu mewarnai dokumen pelaksanaan anggaran kita, penyusunan program kegiatan yang ada di setiap SKPD," lanjutnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut