get app
inews
Aa Read Next : Organisasi Pemdes di Garut Berikan Dukungan Pada Deden Galih Maju di Pilkada 2024

Patriot Desa Garut Luncurkan Festival Janaloka dan Serahkan Sertifikat PTSL

Rabu, 06 Desember 2023 | 18:05 WIB
header img
Kepala Kantor ATR BPN Garut saat menyerahkan sertifikat di festival janaloka patriot Desa. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Patriot Desa Kabupaten Garut menggelar Festival Desa Janaloka (Jabar Binangkit Bersama Penggerak Lokal), di Halaman Kantor Desa Mekarbakti, Kecamatan Kadungora, Rabu (6/12/2023). Sejumlah pejabat, termasuk Asda 1 Bidang Pemkesra Setda Kabupaten Garut, Bambang Hafidz, dan Pejabat Fungsional DPMD Provinsi Jawa Barat, Raden Julianto.

Bambang Hafidz menyampaikan bahwa Festival Desa ini, diinisiasi oleh Patriot Desa, sebuah program yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui DPMD Provinsi Jawa Barat. Para Patriot Desa berhasil membentuk penggerak lokal, yang diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pengembangan dan pembangunan desa.

Di Kabupaten Garut sendiri Patriot Desa tersebar di 11 desa yang ada di 5 Kecamatan di Kabupaten Garut, mulai dari Kecamatan Kadungora, Cisompet, Cibalong, Pasirwangi, dan Cikajang.

Ia mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan yang dirinya terima, para Patriot Desa ini berhasil membentuk entitas baru yang disebut sebagai penggerak lokal, di mana menurutnya entitas baru tersebut akan bermanfaat bagi desa, khususnya dalam mengembangkan dan membangun desa.

"Dari apa yang sudah dilakukan patriot desa, telah menghasilkan penggerak lokal, dan ini tentu harus dimanfaatkan kedepannya, ada program di DPMD maupun di desa masing-masing, karena yang paling berkepentingan adalah desa, termasuk Pemerintah Kabupaten Garut, dan yang paling berpotensilah untuk bisa mengembangkan adalah desa itu sendiri," ujar Bambang.

Bambang Hafidz menekankan bahwa desa tidak hanya perlu fokus pada infrastruktur, tetapi juga harus mampu mengembangkan inovasi. Ia optimis bahwa hasil karya para Patriot Desa di 11 desa dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain, terutama dalam menghadapi seleksi di tingkat provinsi tahun 2024.

"Kita harap bahwa muncul desa-desa lain yang lebih banyak, sehingga tentu hasilnya lebih tersebarlah di desa-desa kabupaten Garut," harapnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut