get app
inews
Aa Read Next : Politisi PAN Enjang Tedi Turut Ambil Formulir Penjaringan Balon Bupati Garut

Minimalisir Tindakan Korupsi, Puluhan Kades di Garut Ikuti Penyuluhan Tata Kelola Keuangan Desa

Senin, 18 Desember 2023 | 19:28 WIB
header img
Kasi Intel Kejari Garut saat menyampaikan materi pada kegiatan penyuluhan tata kelola keuangan desa. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Garut menggelar penyuluhan tata kelola keuangan desa. Bertempat di cafe Kiniko yang berada di Kecamatan Wanaraja, Garut, Jawa Barat, Senin (18/12/2023).

Kegiatan itu diikuti oleh 72  kepala Desa dari 7 Kecamatan yakni Kecamatan Sucinaraja, Kecamatan Wanaraja, Kecamatan Sukawening, Kecamatan Kadungora, Kecamatan Leles, Kecamatan Pangatikan, dan Kecamatan Karangtengah. Dengan mengambil tema "Penguatan keorganisasian DPC APDESI Kabupaten Garut guna mewujudkan Desa Maju dan Mandiri Menuju Indonesia Emas".

Acara tersebut mengundang narasumber dari unsur APH (Kejaksaan Negeri Garut, Kepolisian Resort Garut), dan DPMD Garut, dan dari APIP yakni Inspektorat.

Kasi Intel Kejari Garut Jaya P Sitompul ditemui iNewsGarut.id mengatakan, intinya dalam kegiatan ini program penguatan terkait kinerja, tugas fungsi kepala Desa dalam konteks pengelolaan keuangan daerah.

Menurutnya, kegiatan yang diinisiasi oleh APDESI Garut tujuannya agar para Kepala Desa ini mengetahui secara tekhnis tata cara pengelolaan keuangan desa serta upaya untuk meminimalisir timbulnya tindak pidana korupsi dalam konteks pengelolaan keuangan desa.

"Edukasinya para kades mengetahui secara tekhnis pengelolaan keuangan desa, serta upaya meminimalisir timbulnya tindak pidana korupsi,"ungkapnya.

Jaya menambahkan, upaya pencegahan tentunya harus sejalan, seiring, se-iya, dan se-kata, "Artinya jikalau fungsi penindakan kita laksanakan, namun pencegahan dalam konteks kegiatan ini tidak dilaksanakan, maka dikhawatirkan kasus-kasus penyimpangan desa bermunculan di kemudian hari bahkan melebihi dengan kasus yang sudah terjadi,"ujarnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut