get app
inews
Aa Read Next : Politisi PAN Enjang Tedi Turut Ambil Formulir Penjaringan Balon Bupati Garut

Pupuk Subsidi Langka, Ini Penjelasan Kadis Pertanian Garut

Sabtu, 24 Februari 2024 | 11:01 WIB
header img
Kepala Dinas Pertanian Garut Haeruman. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Fenomena kelangkaan pupuk subsidi sudah menjadi hal yang biasa di setiap musim tanam. Di kabupaten sendiri kelangkaan pupuk subsidi ini dikeluhkan oleh para petani, pasalnya pupuk merupakan komoditi yang sangat vital dalam pertanian. Jika kekurangan pupuk akan berdampak pada jumlah ataupun hasil panen.

Terkait dengan kelangkaan pupuk subsidi dibenarkan oleh Haeruman Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut. Kondisi sekarang ini para petani mulai mengeluh dengan sulitnya memperoleh pupuk subsidi.

"Ya jelas sangat berpengaruh, namanya kekurangan pupuk otomatis secara produksinya mengalami penurunan,"kata Haeruman saat ditemui di kantor Dinas Pertanian Garut, Jum'at (23/2/2024).

"Kita ini dituntut untuk swasembada pangan, nah yang jadi permasalahan pupuknya terbatas. Saran Kami adalah bagi petani yang punya lahan luas untuk membeli pupuk non subsidi,"sambung Haeruman.

Menurutnya sejauh ini pihaknya di Dinas Pertanian sudah melakukan pendataan melalui e-rdkk terkait kebutuhan kelompok tani di Garut dan sudah disampaikan kepada Kementrian Pertanian.

"Dari total pengajuan yang disampaikan berdasarkan e-rdkk mencapai total 86 juta Kg lebih namun yang terealisasi untuk urea hanya 50 persennya saja, sementara untuk pupuk NPK hanya 30 persen dari total pengajuan,"ungkapnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut