get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Musim Hujan Masif, BPBD Garut Bentuk Kecamatan Tanggung Bencana

Senin, 04 Maret 2024 | 19:24 WIB
header img
Kepala BPBD Garut Aah Anwar Saepuloh saat memberikan keterangan usai apel kesiapsiagaan bencana di lapangan setda Kabupaten Garut. Foto iNewsGarut.id/ Hendrik Prima

GARUT, iNewsGarut.id – Musim hujan di seluruh wilayah Jawa Barat setiap harinya menunjukkan peningkatan yang begitu masif. Bahkan di Kabupaten Garut semakin hari hujan lebat turun di setiap wilayah baik itu di bagian selatan, tengah, maupun utara.

Tentu dengan semakin masifnya hujan diperlukan peningkatan kewaspadaan yang lebih lagi, terlebih untuk mengantisipasi bencana agar tidak menyebabkan kerugian yang besar baik kerugian materi atau jiwa.

Atas hal tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut membentuk Kecamatan Tanggung Bencana (Kencana) yang mana Kencana ini dideklarasikan pada kegiatan apel kesiapsiagaan yang digelar di lapangan setda Kabupaten Garut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Aah Anwar Saepulloh mengatakan jika dengan adanya deklarasi Kencana ini untuk memberikan kesiapsiagaan di tingkat kecamatan.

" Penanganan bencana lebih dikedepankan dengan pol lapangan yaitu para camat," ucapnya, Senin, (4/3/2024).

Ia menjelaskan jika masalah bencana ini merupakan tanggung jawab bersama tidak bisa hanya dibebankan kepada BPBD saja namun seluruh entitas juga menjadi penanggung jawabnya termasuk masyarakat itu sendiri.

Hasil pemetaan ia menerangkan jika di Kabupaten Garut ini hampir semua wilayah siaga bencana." Hampir seluruhnya, kabupaten garut ini terkenal sebagai daerah rawan bencana hidrometeorologi khususnya karena debit air hujan yang begitu tinggi," katanya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut