get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Keutamaan Sholat Tarawih di 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

Jum'at, 15 Maret 2024 | 10:34 WIB
header img
Salat Tarawih di Masjid Istiqlal, Selasa (13/4/2021). (Foto: iNews.id).

GARUT, iNewsGarut.id – Sholat Tarawih adalah salah satu amalan sunnah dan bentuk qiyamurramadhan yakni sholat yang hanya dikerjakan pada malam hari di bulan Ramadhan. Sholat Tarawih mempunyai keutamaan bila dikerjakan di 10 hari pertama bulan Ramadhan.

Hari ini Kamis 14 Maret 2024, memasuki hari ketiga umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Bulan Ramadhan salah satu momen yang paling dinantikan oleh setiap muslim, di bulan Suci ini terdapat banyak amalan dan pahala uang yang didapat salah satunya dengan mengerjakan amalan sholat Tarawih di setiap malamnya.

Muhammad Ajib Lc dalam bukunya 33 Macam Jenis Shalat Sunnah menjelaskan, sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari di Bulan Ramadhan. Kata tarawih secara bahasa bentuk jama' dari tarwihah yang artinya istirahat.

Dinamakan shalat tarawih sebab setiap selesai 2 rakaat ada istirahatnya sejenak. Biasanya diisi dengan bacaan-bacaan dzikir atau shalawat.

Dari situ kemudian, setiap empat rakaat (dengan 2 salam) disebut Tarwihah, dan semuanya disebut Tarawih.

Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan jumlah rakaat shalat tarawih. Ulama salaf 4 madzhab hampir sepakat bahwa sholat tarawih itu 20 rakaat dan Witir 3 rakaat. 

Waktu pelaksanaan shalat Tarawih dimulai setelah sholat Isya, berakhir sampai terbit fajar. Bagi yang belum melaksanakan shalat Isya, tidak diperkenankan melakukan shalat Tarawih. Bahkan shalat Tarawihnya menjadi tidak sah. 

Keutamaan Sholat Tarawih

Ada dua hadits yang masyhur berkaitan dengan keutamaan shalat tarawih, yaitu:Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda:

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosadosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut