get app
inews
Aa Read Next : Pisah Sambut Pj Bupati Garut Berkomitmen Lanjutkan Pembangunan Daerah

Bupati Garut Terima Inspeksi Jalur Kereta Api dari Dirjen Perkeretaapian dan Kemenhub RI

Senin, 14 Februari 2022 | 06:58 WIB
header img
Bupati Garut, Rudy Gunawan, menerima secara langsung inspeksi dari Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI, Zulfikri, di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Minggu (13/2/2022).

GARUT, iNews.id – Bupati Garut, Rudy Gunawan, terima kunjungan inpeksi dari Direktur Jendral (Dirjen) Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia, Zulfikri, beserta jajaran Direksi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Minggu (13/02/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka inpeksi menyusul karena jalur kereta api Garut-Cibatu akan kembali beroperasi.

 

Setelah dikonfirmasi secara dilokasi kegiatan, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, alhamdulillah adanya fasilitas kereta api ini merupakan kado di hari ulang tahun untuk Garut yang ke-209 di tahun 2022. 

 

"Saya tadi dirinya menaiki kereta api yang nyaman, AC-nya sentral, bersih, dan longgar ya, ini top sekali lah untuk Jakarta dari Pasar Senen ke Garut, tentu melewati beberapa stasiun, dari Garut katanya jam 07:15, bolak-balik lagi dari Jakarta jam 17:0, ini waktu yang sangat ideal," kata Bupati Garut.

 

Lebih lanjut, imbuh Rudy, pihaknya akan mengajukan permohonan kepada PT. KAI dan Kemenhub, di hari ulang tahun Garut yang ke-209 tahun sekarang, rencananya akan mencoba fasilitas kereta api secara langsung bersama Forkopimda.

 

"Nanti ingin mencoba dari Bupati, Pak Kapolres, Pak Dandim, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Pengadilan dan unsur-unsur Forkopimda lain, dan tentu dengan aparatur daerah mencoba menaiki kereta api yang akan digunakan oleh masyarakat dari Garut jam 07:15 pulang lagi dari Pasar Senen jam 17:00 lebih," paparnya.

 

Kemudian, ia mengucapkan terimakasih kepada Menteri Perhubungan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dirut PT. KAI, dan terutama kepada Presiden. 

 

Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI, Zulfikri memberikan tanggapan, dari Kemenhub memang ditugaskan untuk melihat kesiapan pengoperasian jalur kereta api antara Cibatu dan Garut. 

 

"Yang pertama mungkin kami apresiasi atas dukungan Bupati terutama PT. KAI juga akhirnya jalur ini bisa dibangun, ini yang pertama yang perlu kami sampaikan," ujarnya.

 

Lanjutnya, ia menegaskan, tentunya didalam aturan atau sesuai  Undang Undang RI Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, setiap mengoperasikan jalur kereta api, harus lakukan serangkaian pengujian, untuk menjamin safety (keselamatan) dari pada pengoperasian kereta api nanti.

 

"Dari Kemenhub sudah menurunkan tim keselamatan dan juga tim pengujian sudah turun sejak satu bulan yang lalu. Melakukan selain dari pengujian jalur keretanya sendiri, kesiapan stasiun, maupun safety assesment," imbuh Zulfikri.

 

Pihaknya juga telah mencatat beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditindaklanjuti agar segera bisa dilakukan pengoperasian secara komersial artinya bisa digunakan oleh masyarakat.

 

"Saya yakin memang kereta api ini sudah ditunggu-tunggu tadi kami diskusi bersama Pak Bupati diatas kereta sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Garut untuk bisa memanfaatkan kereta api ini untuk mengakses ke Bandung atau Jakarta." tandasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut