get app
inews
Aa Read Next : Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Desa Talagasari Bantu Petani Membajak Sawah

Hingga Pukul 19.30 WIB Minggu Malam, Ribuan Kendaraan Melintas di Jalur Mudik Garut

Minggu, 07 April 2024 | 23:35 WIB
header img
CCTV arus mudik di pos terpadu GTC Limbangan Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – H-3 hari raya Idul Fitri 1445 H, ratusan ribu kendaraan melintas di jalur selatan Jawa Barat via Limbangan -Malangbong Garut. Hingga Minggu malam (7/4/2024) sekira pukul 19.30 WIB. Peningkatan arus mudik di jalan Nasional Limbangan Garut mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Wakil Direktorat (Wadir) Lalu Lintas Polda Jawa Barat AKBP Edwin Affandi mengatakan, Sejak H-4 lebaran ada sekitar 11.000 kendaraan yang melintas di jalur arteri selatan ini.

Kemudian, lanjut Edwin, di H-3 terhitung dari Minggu pagi sampai pukul 19.30 WIB ada 114.000 kendaraan yang melintas. Dan kepadatan itu muncul di pukul 9,10, 11,12, Minggu siang.

Untuk volume lalin, kata Edwin, sesuai dengan penghitungan arus lkendaraan yang melintas dari arah Bandung menuju Tasikmalaya mulai menurun di pukul 15.00 WIB Minggu sore dan peningkatannya cenderung menurun.

"Ada sekitar 114.000 ribu kendaraan yang melintas di jalur arteri selatan Jabar ini sampai Minggu malam sekira pukul 19.30 WIB. tapi di jam sore kendaraan dari arah Bandung menuju Tasikmalaya cenderung menurun,"ungkapnya.

Namun, menurutnya, pihaknya tetap melaksanakan antisipasi dan personel tetap bersiaga untuk melaksanakan kesiapsiagaan apabila nanti menjelang dini hari ada pergerakan lagi khusunya kendaraan roda dua yang menggunakan waktu di pagi hari untuk berkendara melewati jalur arteri selatan ini.

"Kita akan tetap mengantisipasi lonjakan pemudik yang akan terjadi di malam dini hari nanti terutama kendaraan roda dua,"ujarnya.

Edwin menjelaskan, bila melihat dari trend yang ada dari hari Jum'at dan Sabtu itu trendnya naik dan di hari ini Minggu sampai dengan pukul 12.00 WIB siang tadi itu trendnya masih di posisi naik. Namun, imbuhnya, selanjutnya trendnya menurun kembali.

"Prediksi nya di malam hari ini kemungkinan besar akan tetap menurun, tapi kita akan bersiaga di pukul 02.00 WIB dini hari nanti untuk melaksanakan antisipasi apabila ada pergerakan tambahan di jalur arteri selatan,"jelasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut